Peranan Brigade Surachmad Dalam Menanggulangi Gerakan Komunis di Kediri tahun 1948 / Emilda Shofa An Janah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan Brigade Surachmad Dalam Menanggulangi Gerakan Komunis di Kediri tahun 1948 / Emilda Shofa An Janah

Janah, Emilda Shofa An (2021) Peranan Brigade Surachmad Dalam Menanggulangi Gerakan Komunis di Kediri tahun 1948 / Emilda Shofa An Janah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peristiwa Pemberontakan PKI pada tahun 1948 tidak hanya terjadi di Madiun akan tetapi juga terjadi di beberapa daerah sekitar Madiun salah satunya adalah Kediri Provinsi Jawa timur. Kediri sebagai basis PKI sejak tahun 1926 yang dipengaruhi oleh Tan Malaka. Pada tahun 1945 Tan Malaka lebih gencar menyebarkan gerakan komunis. Banyak pihak yang terlibat di dalam operasi penumpasan pemberontak ini salah satunya adalah pihak TNI di bawah pimpinan Brigade Surachmad. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang gerakan PKI di Kediri beserta operasi militer penumpasan pemberontakan PKI di Kediri pada tahun 1948 yang dilakukan oleh Brigade Surachmad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode tersebut memiliki lima tahapan yaitu pemilihan topik heuristik (pengumpulan sumber tertulis foto peta) kritik sumber (internal dan eksternal) interpretasi (analisis dan sintesis) dan yang terakhir yaitu historiografi. Metode tersebut digunakan untuk menyusun fakta mendeskripsikan dan juga untuk menarik kesimpulan mengenai kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa fakta sebagai berikut. Pertama Kediri menjadi basis PKI dikarenakan banyak anggota PKI yang berlari ke arah Kediri serta membangun daerah pertahanan di Kediri untuk menghindari dari perlawanan pemerintah. Kedua penumpasan pemberontakan PKI tahun 1948 yang dilakukan oleh pihak TNI di Kediri dipimpin oleh Brigade S dan di komandani oleh Letkol Surachmad. Sementara simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu Peranan Brigade Surachmad dalam menumpas Pemberontakan PKI di Kediri pada tahun 1948 tidaklah mudah dikarenakan ada beberapa anggota dari militer memihak PKI. Dalam hal ini Brigade Surachmad tetap melakukan tugasnya untuk mengatur siasat agar pasukannya mampu melawan PKI beserta merebut kembali Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199582

Actions (login required)

View Item View Item