Analisis pengetahuan cedera olahraga pada atlet olahraga permainan bola besar Kota Malang / Eggy Nur Arfiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengetahuan cedera olahraga pada atlet olahraga permainan bola besar Kota Malang / Eggy Nur Arfiansyah

Arfiansyah, Eggy Nur (2021) Analisis pengetahuan cedera olahraga pada atlet olahraga permainan bola besar Kota Malang / Eggy Nur Arfiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cedera olahraga merupakan suatu kondisi yang memperburuk kualitas gerak manusia saat melakukan olahraga baik latihan maupun pada saat pertandingan. Dengan seiring meningkatnya intensitas olahraga maka juga akan meningkatkan risiko cedera. Cedera olahraga terjadi karena trauma yang datang cedera disebabkan oleh benturan dan overuse yang disebabkan karena latihan berlebih. Selain itu bukan hanya olahraga yang kontak fisik saja namun dalam olahraga yang sifatnya perlombaan yaitu olahraga yang satu arah tanpa adanya kontak fisik juga memiliki risiko cedera. Olahraga permainan bola besar merupakan salah satu cabang olahraga dengan tingkat kejadian cedera paling tinggi. Dilihat dari segi klasifikasi cederanya juga semua bisa terjadi pada setiap klasifikasi cabang olahraga ini. Keterampilan tidak hanya sekedar teknik fisik mental dan strategi saja yang merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap atlet. Pengetahuan akan cedera olahraga juga harus menjadi perhatian bagi semua pelaku olahraga tak terkecuali atlet. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pengetahuan cedera olahraga pada Atlet Bola Besar Kota Malang. Metode penelitian ini menggunkan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert dan disajikan dalam bentuk Google Form. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 21 Atlet putra KONI Kota Malang yang mengikuti event Porprov 2019 di Lamongan Bojonegoro Gresik dan Tuban dengan cabang olahraga Sepakbola Bolabasket Bolavoli dan Futsal dengan menggunakan teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling dengan proporsi 25% setiap cabang olahraga. Hasil penelitian menggunakan bantuan aplikasi komputer IBM SPSS 26.0 didapatkan nilai mean 137 67 dan standar deviasi 15 4. Artinya besar tingkat pengetahuan responden dalam kategori sedang yaitu berjumlah 10 atau 47 6% dari total responden. Kemudian dalam kategori baik berjumlah 7 atau 33 3% dari total responden kategori rendah dan sangat rendah masing-masing berjumlah 3 orang dan 1 orang atau 14 3% dan 4 8% dari total responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan atlet olahraga permainan bola besar mengenai cedera olahraga di KONI Kota Malang yaitu sebagian besar atlet masuk dalam kategori sedang dan tidak ada satupun dalam kategori sangat baik. Bagi KONI Kota Malang perlu meningkatkan safe promotion terhadap cedera olahraga. Bagi pelatih perlu memberikan pemahaman secara teori dan praktik tentang pengetahuan cedera olahraga. Dan bagi atlet lebih meningkatkan pemahaman tentang cedera olahraga mulai dari istilah-istilah dalam cedera hingga rehabilitasi olahraga sehingga risiko cedera olahraga dapat diminimalisir diwaktu mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199551

Actions (login required)

View Item View Item