Analisis user persona pada sistem pengelolaan pembelajaran (sipejar) untuk perancangan user interface menggunakan metode kansei engineering / Aidil Arif Budiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis user persona pada sistem pengelolaan pembelajaran (sipejar) untuk perancangan user interface menggunakan metode kansei engineering / Aidil Arif Budiman

Budiman, Aidil Arif Budiman (2021) Analisis user persona pada sistem pengelolaan pembelajaran (sipejar) untuk perancangan user interface menggunakan metode kansei engineering / Aidil Arif Budiman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Budiman Aidil A. 2021. Analisis User Persona pada Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR)Untuk Perancangan User Interface Menggunakan Metode Kansei Engineering. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eng. Muhammad Ashar S.T. M.T. (II) Muhammad Iqbal Akbar S.ST. M.MT. Kata kunci e-learning user persona kansei engineering Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR) merupakan sebuah media pembelajaran yang digunakan di Universitas Negeri Malang. SIPEJAR masih mendapatkan peringkat rendah dari objektifitas attractiveness perspicuity efficiency dependability stimulation dan novelty untuk sebuah e-learning. Kurangnya informasi mengenai hal apa yang dibutuhkan oleh pengguna dan bagaimana kebiasaan pengguna dalam berinteraksi dengan produk melalui tampilan antarmuka (user interface) membuat SIPEJAR masih belum dapat dikatakan sebagai e-learning. Oleh karena itu dilakukan perancangan kembali tampilan antarmuka (user interface) untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh pengguna saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Kansei Engineering (KE). Metode KE dapat mengidentifikasi emosi pengguna terhadap produk berdasarkan pengalaman dan kemampuan kognitif pengguna. Dengan pendekatannya yang berbasis user centered dimana pengguna merupakan sumber informasi utama menjadikan metode ini dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk membangun serta mengembangkan produk digital. Adapun proses dalam metode ini dibagi menjadi 8 tahapan proses yaitu studi literatur mengumpulkan data spesimen menghimpun kata kansei membuat semantic differential mengumpulkan data analisis data interpretasi hasil analisis dan solusi. Oleh karena itu metode ini digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada sisi efektivitas dan efisiensi dari media pembelajaran SIPEJAR. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan tampilan antarmuka SIPEJAR yang baru dengan basis mobile. Nilai efektifitas dan efisiensi yang dimiliki oleh rancangan baru mencapai nilai presentase sebesar 100% pada objektifitas assignments.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199539

Actions (login required)

View Item View Item