Analisis kerugian transportasi akibat adanya on-street parking ( studi kasus : jalan ahmad yani, kepanjen, kabupaten malang) / Alfan Zulfikri Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kerugian transportasi akibat adanya on-street parking ( studi kasus : jalan ahmad yani, kepanjen, kabupaten malang) / Alfan Zulfikri Firdaus

Firdaus, Alfan Zulfikri Firdaus (2021) Analisis kerugian transportasi akibat adanya on-street parking ( studi kasus : jalan ahmad yani, kepanjen, kabupaten malang) / Alfan Zulfikri Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdaus Alfan Zulfikri. 2021. ANALISIS KERUGIAN TRANSPORTASI AKIBAT ADANYA ON-STREET PARKING ( STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI KEPANJEN KABUPATEN MALANG). Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sugiyanto S.T M.T. (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci kerugian transportasi on-street parking jalan Ahmad Yani Kepanjen Kabupaten Malang Tingginya warga malang yang berkunjung ke kecamatan kepanjen adalah salah satu penyebab tingginya pergerakan lalu lintas salah satu kawasan yang sering dikunjungi adalah pasar kepanjen. Tingginya pengunjung pasar kepanjen mengakibatkan kebutuhan lahan parkir juga semakin besar. Akibat dari kurangnya lahan parkir seringkali masyarakat akhirnya menggunakan badan jalan sebagai lahan parkir dikarenakan kurangnya lahan parkir di daerah tersebut. Pengguna jalan akan mengalami antrian kendaraan dan waktu tempuh kendaraan yang relatif lebih lama sehingga berakibat timbulnya biaya eksternal (external cost) berupa penambahan biaya operasional kendaraan (BOK) dan kerugian nilai waktu Namun disisi lain adanya on-street parking berdampak pada meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) dari pendapatan parkir tersebut. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerugian transportasi yang diakibatkan adanya parkir di badan jalan. Dalam penelitian ini kerugian transportasi dihitung berdasarkan kerugian atau penambahan biaya operasional kendaraan (BOK) dan kerugian nilai waktu tempuh yang diakibatkan kemacetan yang disebabkan oleh adanya kegiatan parkir di badan jalan (on-street parking).Kerugian yang telah dianalisis akan dibandingkan dengan pendapatan parkir pada ruas jalan tersebut. Perhitungan BOK untuk kendaraan ringan dan kendaraan berat berdasarkan pada metode Pacific Consultant International (PCI). Perhitungan BOK untuk sepeda motor didasarkan pada metode Public Transport Urban Infrastructure Project (PTS-BUIP). Perhitungan nilai waktu menggunakan metode pendekatan pendapatan (Income approach). Metode pengumpulan data adalah dengan survei dan pengamatan langsung dilapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program Microsoft Excel 2019. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kerugian BOK yang harus ditanggung pengguna jalan selama kegiatan on-street parking adalah sebesar Rp 572.662 813 -/hari pada hari kerja dan sebesar Rp 610.512 941 -/hari pada hari libur. Kerugian nilai waktu yang dialami pengguna jalan sebesar Rp 8.049.015 9 -/hari pada hari kerja dan sebesar Rp 8.697.207 5 -/hari pada hari libur. Biaya kerugian total yang dialami pengguna jalan akibat adanya kegiatan on-street parking adalah sebesar Rp 8.621.678 706 -/hari pada hari kerja dan sebesar Rp 9.307.720 469 -/hari pada hari libur. Pendapatan parker yaitu sebesar Rp. 985.000 -/hari pada hari kerja dan sebesar Rp. 735.000 -/hari pada hari libur. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kerugian transportasi lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan parkir yang masuk sebagai PAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199504

Actions (login required)

View Item View Item