Analisis pemodelan tarikan pergerakan sepeda motor pada gedung perkantoran di kota malang / Rachadian Desy Andaru Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemodelan tarikan pergerakan sepeda motor pada gedung perkantoran di kota malang / Rachadian Desy Andaru Pratama

Pratama, Rachadian Desy Andaru Pratama (2021) Analisis pemodelan tarikan pergerakan sepeda motor pada gedung perkantoran di kota malang / Rachadian Desy Andaru Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkantoran menjadi salah satu penyebab terjadinya kepadatan lalu lintas di Kota Malang. Sepeda motor sangat berpotensi mengakibatkan kemacetan karena jumlahnya sangat dominan. Pemodelan tarikan diperlukan guna mengatasi permasalahan lalu lintas pada suatu tata guna lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung kantor dan untuk mendapatkan suatu model tarikan pergerakan sepeda motor menuju perkantoran di Kota Malang. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang BPN Kota Malang BPN Kabupaten Malang PDAM Kota Malang dan KPP Pratama Malang Selatan. Pengambilan data primer dilakukan dengan mencatat pergerakan sepeda motor menuju perkantoran (Y) dan menyebarkan kuisioner terkait karakteristik pengunjung. Variabel bebas yang digunakan adalah luas lahan (X1) luas bangunan (X2) jumlah pegawai (X3) luas parkir sepeda motor (X4) dan luas lantai efektif (X5). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Proses analisis menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik pengunjung perkantoran berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh pengunjung dengan jenis kelamin laki-laki dengan prosentase 59 97%. Berdasarkan usia didominasi oleh pengunjung dengan usia 30-40 tahun dengan prosentase 29 61%. Berdasarkan maksud perjalanan didominasi oleh pengunjung dengan maksud perjalanan untuk mendapatkan layanan publik dengan prosentase 65 79%. Berdasarkan jarak perjalanan didominasi oleh pengunjung dengan jarak perjalanan 5-10 km dengan prosentase 43 42%. Berdasarkan lama perjalanan didominasi oleh pengunjung dengan lama perjalanan 15-30 menit dengan prosentase 44 08%. Berdasarkan jumlah kepemilikan sepeda motor didominasi oleh pengunjung dengan jumlah kepemilikan sepeda motor 2 unit dengan prosentase 40 13%. Sementara karakteristik berdasarkan pendapatan didominasi oleh pengunjung dengan pendapatan 3-5 juta dengan prosentase 37 84%. Dari hasil analisis statistik didapatkan model Y 111 22 1 04X3 dimana Y adalah tarikan sepeda motor dan X3 adalah jumlah pegawai dengan R2 sebesar 0 983.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199503

Actions (login required)

View Item View Item