Analisisi kualitas tanah dasar (subgrade) dan desain perkuatan ballast, sub ballast pada proyek kai double track Mojokerto-Jombang paket 7 KM 73+00 – KM 76+700 / Desy Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisisi kualitas tanah dasar (subgrade) dan desain perkuatan ballast, sub ballast pada proyek kai double track Mojokerto-Jombang paket 7 KM 73+00 – KM 76+700 / Desy Puspita Sari

Sari, Desy Puspita (2021) Analisisi kualitas tanah dasar (subgrade) dan desain perkuatan ballast, sub ballast pada proyek kai double track Mojokerto-Jombang paket 7 KM 73+00 – KM 76+700 / Desy Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspitasari Desy. 2020. Analisisi Kualitas Tanah Dasar (Subgrade) Dan Desain Perkuatan Ballast Sub Ballast pada Proyek KAI Double Track Mojokerto-Jombang Paket 7 KM 73 00 ndash KM 76 700. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Boedya Djatmika S.T. M.T. (II). Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata Kunci Daya dukung tanah jalan kereta api Desain Ballast Sub Ballast Struktur bawah jalan kereta api. Jalan kereta api memegang peranan yang sangat penting untuk memperlancar arus barang jasa dan mempercepat komunikasi antar wilayah. Supaya jalan kereta api berfungsi dengan baik perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi pelayanan konstruksi. Permasalahan tanah dasar yang kurang baik adalah memiliki daya dukung tanah yang kurang baik pula sehingga berpontesi adanya kegagalan pada tanah dasar seperti retak-retak bergelombang amblas dan sebagainya yang tentu saja bisa berdampak buruk saat operasi kereta api. Oleh karena itu penting untuk adanya pengkajian tanah dasar dan juga perencanaan desain konstruksi ballast dan sub ballast pada proyek jalan kereta api tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui daya dukung tanah dasar (subgrade) pada Proyek KAI Double Track Mojokerto Jombang Paket 7 KM 73 00 ndash KM 76 700 (2) untuk mengetahui Desain perkuatan Ballast dan Sub Ballast pada Proyek KAI Double Track Mojokerto Jombang Paket 7 KM 73 00 ndash KM 76 700. Hasil pengujian daya dukung tanah didapatkan LL (Liquit Limit) 58 209% PL (Plastic Limit) 41 76 % dan indeks plastisitas (IP) 16 45%. Hasil pemadatan tanah dengan puncak kurva terjadi saat berat isi kering 1 20 gr/cm3 pada kadar air 37 5%. Hasil CBR nilai terbesar pada kadar air 32 42 % 9 89 % dengan berat volume kering 1 24 gr/cm3 dan nilai CBR terkecil 0 88 % dengan kadar air 56 87 % dan berat volume kering 0 84 gr/cm3. Hasil perhitungan perkuatan desain ballast dan sub ballast didapatkan tegangan overburden efektif (P rsquo o) 0 22 t/m2 beban timbunan sebesar q 5 4 t/m2. Dan untuk timbunan tegak sebesar 0 142 m. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa daya dukung tanah dasar baik digunakan pada proyek jalan kereta api double track dan untuk desain perkuatan ballast dan sub ballast bahwa tanah dasar mengalami kemampatan akibat beban timbunan ballast dan sub ballast maka timbunan tersebut yang diletakkan akan menjadi lebih rendah dari elevasi rencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199485

Actions (login required)

View Item View Item