Simulasi sel surya cigs dengan alternatif in2se3 sebagai buffer layer menggunakan aplikasi scaps-1d - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi sel surya cigs dengan alternatif in2se3 sebagai buffer layer menggunakan aplikasi scaps-1d

Nugroho, Dimas Satrio (2021) Simulasi sel surya cigs dengan alternatif in2se3 sebagai buffer layer menggunakan aplikasi scaps-1d. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah kebutuhan energi listrik terus meningkat dan penggunaan mesin pembangkit energi listrik yang tidak terbarukan masih mendominasi dengan 70% dari total produksi energi listrik di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki banyak potensi energi baru terbarukan salah satunya dari sektor surya yang baru dimanfaatkan sekitar 0 5 % dari total potensi sebesar 207 8 GW. Sel surya pertama kali ditemukan Edmond Becquerel seorang fisikawan Perancis yang menemukan efek photovoltaic dimana ketika silver klorida ditempatkan pada sebuah larutan asam dan diterangi sementara terhubung dengan platinum elektroda dihasilkan tegangan dan arus listrik. Sel surya lapisan tipis dengan struktur front contact/window layer/buffer layer (n- type)/absorber layer (p-type)/back contact saat ini telah berkemabang karena memiliki sifat fleksibilitas stabilitas dan efisiensi yang tinggi. Copper indium gallium selenide (CIGS) sebagai salah satu material yang digunakan pada absorber layer dan dikombinasikan penggunaan cadmium sulfide (CdS) sebagai buffer layer. CdS memiliki tingkat kandungan racun yang tinggi dan beberapa material alternatif telah diamati salah satunya In2Se3 dimana material ini memiliki bandgap energi yang lebih rendah diibanding CdS dimana akan memudahkan ekstaksi electron apabila terkena sinar foton. Ketebalan buffer layer juga merupakan salah satu varibel yang mempengaruhi unjuk kerja sel surya dimana semakin tipis buffer layer akan memudahkan foton masuk ke absorber layer dan membetuk p-n junction. Pemodelan sel surya CIGS/In2Se3 dilakukan menggunakan aplikasi SCAPS-1D dengan struktur lapisan front contact/window layer/In2Se3/CIGS/back contact optical dan electrical properties window layer absorber CIGS dan In2Se3 didapatkan dari penelitian Boukortt (2021) dan Bouchama (2017). Penelitian dilakukan dengan standar Penelitian ini menggunakan kondisi Standart Test Conditions (STC) IEC 60904-3 yaitu nilai irradiansi 1000 W/m2 Spektrum AM 1 5G dan temperatur 300 K untuk mendapatkan pengaruh varisi ketebalan buffer layer terhadap nilai JSC VOC FF dan Efisiensi. Nilai Jsc Voc FF dan efisiensi semakin turun seiring bertambahnya ketebalan buffer layer penyerapan energy foton yang tidak maksmal merupakan salah satu diantara akibat dari lapisan buffer layer yang semakin tebal. Ketebalan buffer layer juga semakin membuat depletion region semakin tipis dan menjauh sehingga menurunkan driving force yang memperlambat atau bahkan tidak mampu mengeluarkan elektron ke sirkuit sehingga tidak terjadi tegangan dan arus listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 06:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199478

Actions (login required)

View Item View Item