Optimasi kerf width dan material removal rate pada proses plasma cutting using response surface method / RENDI ADIFIAN - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi kerf width dan material removal rate pada proses plasma cutting using response surface method / RENDI ADIFIAN

Adifian, Rendi Adifian (2021) Optimasi kerf width dan material removal rate pada proses plasma cutting using response surface method / RENDI ADIFIAN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemotongan logam menjadi sektor yang semakin berkembang di bidang industri manufaktur terutama plasma cutting. Plasma cutting merupakan pemesinan non-konvensional pemotongan logam yang memanfaatkan busur plasma bertekanan tinggi untuk melelehkan benda kerja. Mekanisme plasma cutting ini didasarkan pada energi termoelektrik yang berada diantara elektroda dan benda kerja sehingga mengahasilkan busur plasma. Output atau performance yang diharapkan dari pemotongan ini adalah kerf width dan material removal rate (MRR). Beberapa parameter yang dapat mempengaruhi kedua respon yang dihasilkan diantaranya current (I) cutting speed (Cs) stand of distance (Sod) dan gas pressure (P). Teknologi plasma cutting ini diharapkan dapat melakukan pemotongan logam secara massal dengan cepat namun dan hasil kualitas pemotongan terbaik yang diukur dengan kerf width sehingga diperlukan adanya sebuah metode untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pemesinan plasma cutting dengan menemukan kombinasi parameter terbaik yang akan menghasilkan produktivitas tinggi dan hasil kualitas pemotongan yang baik. Metode taguchi merupakan metode optimasi yang paling efisien yang hanya membutuhkan eksperimen sedikit namun dalam metode ini sering kali menemukan hasil interaksi antar variabel yang mana metode ini tidak bisa memprediksi interaksi menyebabkan hasil optimum tidak ditemukan pada data kombinasi rancangan eksperimen yang sedikit sehingga response surface method (RSM) dipilih sebagai strategi untuk mencari nilai optimum yang diharapkan dengan pendekatan central composite design (CCD). Penelitian ini mendapatkan dua hasil S/N ratio optimum prediksi yang berbeda dimana pada desain parameter current 60 A cutting speed 1500 mm/min stand of distance 1 mm gas pressure 5 bar menghasilkan S/N ratio material removal rate optimum sebesar 19 662 dan pada desain parameter current 60 A cutting speed 1073 mm/min stand of distance 3 mm gas pressure 5 bar menghasilkan S/N ratio kerf width optimum sebesar 1 948. Hasil dari kedua respon menunjukan nilai respon yang semakin meningkat yaitu sebesar 0 768 mm pada kerf width dan sebesar 8 662 mm3/min pada material removal rate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199465

Actions (login required)

View Item View Item