Pengaruh waktu elektrodeposisi terhadap laju pertumbuhan carbon nanotubes (cnt) / FAISHOL - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh waktu elektrodeposisi terhadap laju pertumbuhan carbon nanotubes (cnt) / FAISHOL

Faishol (2021) Pengaruh waktu elektrodeposisi terhadap laju pertumbuhan carbon nanotubes (cnt) / FAISHOL. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Carbon Nanotubes (CNT) adalah molekul karbon yang memiliki ukuran nanometer bentuknya menyerupai tabung/silinder serta berpotensi dalam berbagai aspek aplikasi. Beberapa metode carbon capture CNT diantaranya arc discharge lasser ablation CVD dan elektrodeposisi. Keunggulan metode elektrodeposisi adalah biaya produksi murah dan preparasinya mudah dilakukan. elektrodeposisi adalah pengendapan zat dengan menggunakan arus listrik searah dengan CO2 sebagai reaktan. Faktor yang mempengaruhi laju pertumbuhan CNT yaitu voltage temperatur carbon source elektroda dan waktu. waktu yang digunakan 60 menit 90 menit 120 menit 150 menit 180 menit. Proses pengambilan data dimulai dengan membentuk dan mengukur berat elektroda (Ni) dengan diameter area pengendapan CNT 2 cm. mengukur berat dan mencairkan lithium carbonate (Li2CO3) pada temperatur 750. setting laju aliran CO2 voltage 5V dan waktu. kemudian dikarakterisasi menggunakan SEM-EDX dan XRD.Hasil penelitian menunjukkan waktu optimal yang diperoleh dengan waktu 120 menit laju pengendapan CNT yang dihasilkan sebesar 1.618 g cm-2 h-1. karakterisasi XRD dan SEM menunjukkan semakin tinggi waktu elektrodeposisi menghasilkan CNT dengan kualitas yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199458

Actions (login required)

View Item View Item