Analisis persepsi labelisasi halal dan thayyib terhadap keputusan pembelian produk kosmetik (studi kasus pada mahasiswi fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / A'yun Nona Fajrin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis persepsi labelisasi halal dan thayyib terhadap keputusan pembelian produk kosmetik (studi kasus pada mahasiswi fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / A'yun Nona Fajrin

Fajrin, A'yun Nona (2021) Analisis persepsi labelisasi halal dan thayyib terhadap keputusan pembelian produk kosmetik (studi kasus pada mahasiswi fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang) / A'yun Nona Fajrin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Produk yang terus berkembang pesat saat ini adalah kosmetik. Bagi wanita kosmetik sudah bagian dari kebutuhan untuk sehari-hari sehingga menciptakan peluang yang besar bagi produsen kosmetik untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Saat ini perkembangan industri kosmetik Indonesia tergolong solid. Hal ini terlihat dari peningkatan penjualan kosmetik pada 2012 14% menjadi Rp 9 76 triliun dari sebelumnya Rp 8 5 triliun berdasarkan data Kementerian Perindustrian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana dampak label halal produk kosmetik apakah faktor tersebut mempengaruhi keputusan pembelian atau tidak. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif berdasarkan fenomena yang terjadi. Sedangkan penelitian ini menggunakan studi kasus untuk memperoleh data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dikarenakan data yang dikumpulkan berupa kata-kata gambar bukan angka-angka. Data yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara observasi dan dokumentasi sebagai pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan situasi dan peristiwa mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai kondisi nyata di lapangan. Dalam hal ini merupakan adanya dampak labelisasi halal terhadap keputusan pembelian kosmetik mahasiswi. Pemilihan mahasiswi dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa mahasiswi muslimah di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang mengakui bahwa pentingnya labelisasi halal pada produk kosmetik mereka. Akan tetapi mayoritas dari mereka tidak menggunakan patokan pada labelisasi halal sebagai faktor utama dalam menentukan sebuah produk. Jadi mayoritas dari mereka menganggap label aman dari BPOM sudah cukup untuk dijadikan faktor utama dalam sebuah pemilihan produk kosmetik. Sebagian besar narasumber ini juga menganggap labelisasi halal menjadi faktor penunjang agar semakin yakin memilih produk tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199448

Actions (login required)

View Item View Item