Angraeni, Denis Arista Angraeni (2021) strategi pengembangan ekonomi kreatif umkm kerajinan kayu rejoso (studi pada kerajinan kayu dusun rejoso kota batu) / DENIS ARISTA ANGRAENI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dusun Rejoso merupakan salah satu kampung pusat pengrajin kayu terbesar yang berada di Kota Batu. Dusun Rejoso memliki jumlah penduduk sebesar 1761 penduduk dengan jumlah perempuan sebesar 848 dan laki-laki sebesar 913. Sebagian besar penduduk Rejoso pada tahun 1965 bekerja sebagai pengrajin Kayu dengan jumlah 50 industri aktif produksi yang saat ini menurutn menjadi 20 industri yang aktif memproduksi kerjinan kayu. Data penurunan mengidentifikasi bahwa strategi pengembangan kampung kerajinan kayu Rejoso tergolong lemah. Analisa daya dukung dan penghambat internal dan ekternal merupakan salah satu cara cara mempertahankan eksistensi kampung kerajinan kayu melalui beberapa analisa Strategi demi menunjang kesejahteraan dan keberadaan kampung Kerajinan kayu Rejoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi terbaik dalam upaya pengembangan dan mempertahankan keberadaan kampung kerajinan kayu Rejoso. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan focus group discussion (FGD) dengan informan yaitu pengrajin kayu Rejoso Sekertaris Desa kecamatan Junrejo Karyawan Diskoperindag dan masyarakat sekitar kemudian observasi di lapangan serta dokumentasi berupa foto dan rekaman audio. Dalam menentukan strategi pengembangan kampung kerajinna kayu Rejoso menggunakan analisis deskriptif. sedangkan untuk menentukan strategi mempertahankan eksistensi menggunakan indikator dari Data Profil Junrejo yang diperoleh dari Kantor Desa Junrejo. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa analisa faktor pendukung dan penghambat internal ekstenal yang mampu menjadi patokan terhadap menganalisa strategi pengembangan dan eksistensi keberadaan kampung kerajinan kayu Dusun Rejoso yaitu yang pertama yaitu Pembentukan lanjutan Desa Wisata Edukasi. Mengadakan coaching clinic. Mengaktifkan kembali Koperasi Serba Guna Rejoso. Keempat yaitu dengan menggunakan Inovasi and Friendly prices. Creative marketing strategi. Strategi Yang terakhir yaitu Pemanfaatan e-commerce.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/199446 |
Actions (login required)
View Item |