Satria, Presnanda Bijak Satria (2021) Strategi pengembangan pasar sayur karangploso menggunakan metode analytical hierarchy process (ahp) dan ordinary least square (ols) / PRESNANDA BIJAK SATRIA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Perkembangan pasar modern seperti supermarket minimarket dan hypermarket perlu dikhawatirkan akan menggeser peran pasar tradisional. Saat ini masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya memilih pasar modern terutama pasar perkotaan. Peraturan Bupati Malang Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Pasar Sayur Karangploso bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menjadikan Pasar Sayur Karangploso sebagai salah satu penggerak roda perekonomian daerah serta sebagai tempat transaksi jual beli barang yang sah antara penjual dengan pembeli khususnya komoditi sayur maka perlu diatur pengelolaannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi dan prioritas yang signifikan dalam pengembangan Pasar Sayur Karangploso. Metode analisis yang digunakan ada dua bagian yakni dengan metode analytic hierarchy process (AHP) menggunakan aplikasi program expert choice 11 dan metode ordinary least square (OLS) menggunakan aplikasi program IBM SPSS statistics 25. Penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling diperoleh 100 sampel dengan dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu yakni dari pihak pedagang dan pengurus/pengelola Pasar Sayur Karangploso. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya peningkatan infrastruktur adalah prioritas utama strategi pengembangan Pasar Sayur Karangploso dibuktikan dari metode AHP yang menghasilkan nilai 0 396 tertinggi dibandingkan dengan strategi yang lainnya yaitu promo dan kualitas pedagang. Selanjutnya dari metode OLS dengan sumber data dari pihak pedagang dan pengurus/pengelola pasar sayur karangploso menghasilkan nilai tertinggi pada variabel peningkatan infrastruktur sebesar 0 355 dibandingkan dengan strategi yang lainnya yaitu variabel promo sebesar 0 248 dan kualitas pedagang sebesar 0 166. Maka kesimpulan hasil dari penelitian adalah strategi pengembangan dengan peningkatan infrastruktur memiliki pengaruh yang signifikan pada Pasar Sayur Karangploso.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/199429 |
Actions (login required)
View Item |