Pengukuran efektivitas pembelajaran online melalui digital literacy dan kompetensi profesional guru / Lu'luul Mukaromah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengukuran efektivitas pembelajaran online melalui digital literacy dan kompetensi profesional guru / Lu'luul Mukaromah

Mukaromah, Lu'luul (2021) Pengukuran efektivitas pembelajaran online melalui digital literacy dan kompetensi profesional guru / Lu'luul Mukaromah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpindahan mekanisme pembelajaran pada masa pandemi tidak serta merta menjamin efektivitas pembelajaran. Pembelajaran online dihadapkan pada beberapa permasalahan mendasar diantaranya kemampuan digital literacy siswa dan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh digital literacy dan kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran online. Penelitian kuantitatif eksplanatif ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner sejumlah 190 siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital literacy dan kompetensi profesional guru berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran online. Temuan dalam penelitian ini dapat digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran online dimana guru harus mampu menguasai materi secara menyeluruh dan memanfaatkan teknologi untuk menyediakan pembelajaran online yang nyaman dan interaktif. Pembelajaran online yang interaktif akan membantu siswa memiliki keterampilan pemecahan masalah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan beradaptasi di kalangan siswa. Pada masa pandemi ini lembaga pendidikan harus mempertahankan sistem pendidikan mereka untuk memastikan dan memprioritaskan keterampilan siswa sehingga akan meningkatkan efektivitas pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199417

Actions (login required)

View Item View Item