Pengaruh service quality terhadap repurchase intention melalui perceived value dan customer satisfaction / Masnurul Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh service quality terhadap repurchase intention melalui perceived value dan customer satisfaction / Masnurul Fitria

Fitria, Masnurul (2021) Pengaruh service quality terhadap repurchase intention melalui perceived value dan customer satisfaction / Masnurul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berkembangnya bisnis ini di Indonesia merupakan fenomena yang sangat menarik untuk diteliti terutama di era globalisasi saat ini dikarenakan usaha F B merupakan salah satu usaha yang memiliki potensi pertumbuhan pesat. Industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri yang memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Selain faktor industri makanan yang menguntungkan salah satu alasan pengusaha bergerak di bidang industri makanan adalah perubahan gaya hidup masyarakat yang sudah terbiasa membeli makanan di luar rumah tempat bersantai atau berkumpul dengan keluarga serta kerabat. Ada beberapa alasan mengapa banyak sekali masyarakat yang melakukan pembelian makan di luar rumah terutama yang tinggal berdekatan dengan lokasi kerja. Antara lain makanan di luar rumah lebih menggoda selera dan mata handal dalam menciptakan suasana dari dekorasi rasa tempat dan lainnya. Kemudian terdapat alasan lain seperti budaya praktis dikarenakan jadwal kerja yang padat sehingga tidak memilki banyak waktu untuk mempersiapkan kebutuhan pangan seperti bekal sarapan makan siang ataupun makan malam. Jika konsumen puas akan suatu layanan dan memiliki persepsi nilai yang baik maka konsumen akan melakukan pembelian berulang di masa yang akan datan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Service Quality terhadap Repurchase Intention melalui Perceived Value dan Customer Satisfaction pada Rumah Makan Tiara Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif dan eksplanatori. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Service Quality terhadap Repurchase Intention melalui Perceived Value dan Customer Satisfaction. Objek penelitian ini berfokus pada konsumen di Rumah Makan Tiara Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Sampel yang diperoleh sebanyak 202 responden dengan menggunakan metode nonprobabilty sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dengan 20 item pernyataan yang diukur menggunakan skala likert. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis partial least sequare (SEM-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention Perceived Value dan Customer Satisfaction. Kemudian Perceived Value mampu memediasi Service Quality dan Repurchase Intention. Sementara itu Customer Satisfaction mampu memediasi Service Quality dan Repurchase Intention namun dengan hasil yang masih terbilang cukup minim. Sehingga penelitian ini menyarankan bahwa Rumah Makan Tiara Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur harus senantiasa melakukan pembaruan terhadap layanan agar konsumen merasa puas akan layanan tersebut dan melakukan pembelian berulang di Rumah Makan yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199387

Actions (login required)

View Item View Item