Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image pada konsumen pesenkopi (studi pada mahasiswa perguruan tinggi di kota malang) / Rahmad Ari Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image pada konsumen pesenkopi (studi pada mahasiswa perguruan tinggi di kota malang) / Rahmad Ari Prabowo

Prabowo, Rahmad Ari Prabowo (2021) Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image pada konsumen pesenkopi (studi pada mahasiswa perguruan tinggi di kota malang) / Rahmad Ari Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prabowo Rahmad Ari. 2021. Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Konsumen Pesenkopi (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Afwan Hariri Agus Prohimi SE M.Si Kata Kunci Electronic Word of Mouth (e-WOM) Purchase Intention Brand Image. Pada saat ini bisnis kedai kopi sedang marak dan viral sehingga banyak pebisnis menginvestasikan uang mereka untuk membuka bisnis kedai kopi salah satunya Pesen Kopi. Persaingan yang ketat dan banyaknya kedai kopi di Malang membuat konsumen melakukan Purchase Intention pada semua kedai kopi. Keputusan konsumen untuk melakukan pembelian pada kedai kopi memilki berbagai pertimbangan salah satu faktornya adalah Brand Image pada sebuah kedai kopi. Bisnis kopi semakin tahun semakin diminati oleh konsumen yang menyebabkan persaingan kedai kopi semakin ketat. Tidak bisa dihindari juga bahwa kedai kopi akan semakin bertambah seiring menambahnya jumlah konsumsi kopi. Persaingan kedai kopi tidak hanya dari segi kualitas rasa dan fasilitas tetapi persaingan dari segi promosi juga semakin ketat. Mereka berlomba-lomba memperoleh followers pada akun sosial media untuk mendapatkan engagement yang bagus sehingga promosi yang disampaikan dapat lebih optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis jalur (path analysis) yang mengungkapkan sejauh mana hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain yang terdiri dari Electronic Word of Mouth (X) sebagai variabel bebas yang dipengaruhi Purchase Intetion (Y) sebagai varibel terikat dan Brand Image (Z) sebagai variabel mediasi. Manfaat penelitian ini juga untuk sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan Electronic Word of Mouth Purchase Intention dan Brand Image pada perusahaan. Hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa Electronic Word of Mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Purchase Intention pada produk Pesankopi. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang memiliki Electronic Word of Mouth yang baik cenderung akan lebih mudah diterima oleh konsumen sehingga mempengaruhi Purchase Intention produk Pesenkopi. Selain itu Electronic Word of Mouth juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Brand Image Pesenkopi. Ini menunjukkan bahwa produk yang memiliki Electronic Word of Mouth yang baik cenderung akan lebih mudah diterima oleh konsumen sehingga mempengaruhi Brand Image dari Pesenkopi. Brand Image juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Purchase Intention produk Pesenkopi. Hal ini mengindikasikan bahwa produk yang memiliki Brand Image yang baik cenderung akan lebih mudah diterima oleh konsumen sehingga mempengaruhi Purchase Intention produk Pesenkopi. Kemudian Electronic Word of Mouth selain memilki pengaruh secara langsung terhadap Purchase Intention produk Pesenkopi juga memilki pengaruh tidak langsung terhadap Purchase Intention melalui Brand Image. Hal ini mengindikasikan bahwa produk yang memiliki Electronic Word of Mouth yang baik serta didukung dengan Brand Image yang baik cenderung akan lebih mudah diterima oleh konsumen sehingga mempengaruhi Purchase Intention pada produk Pesenkopi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199364

Actions (login required)

View Item View Item