Pengaruh electronic word of mouth dan celebrity endorser terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada followers instagram shopee) / Elsa Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh electronic word of mouth dan celebrity endorser terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada followers instagram shopee) / Elsa Pratiwi

Pratiwi, Elsa (2021) Pengaruh electronic word of mouth dan celebrity endorser terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada followers instagram shopee) / Elsa Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi yang mengakibatkan konsumen mudah dalam mendapatkan informasi mengenai produk dan jasa yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan menerapkan teknologi informasi seperti penggunaan e-commerce sebagai media perdagangan melalui media internet. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan celebrity endorser terhadap repurchase intention baik secara langsung maupun tidak langsung melalui brand image pada pelanggan marketplace Shopee. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah followers Instagram marketplace Shopee dengan frekuensi minimal tiga kali melakukan transaksi. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 150 responden. Hasil uji validitas data menunjukan (0 361) atau 25 item pertanyaan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukan bahwa kesuluruhan item mempunyai koefisien alpha lebih dari 0 6 atau dikatakan reliabel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis PLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner secara online disebarkan melalui Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara electronic word of mouth terhadap repurchase intention pada pelanggan marketplace Shopee (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara celebrity endorser terhadap repurchase intention pada pelanggan marketplace Shopee (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara electronic word of mouth terhadap brand image pada pelanggan marketplace Shopee (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara celebrity endorser terhadap brand image pada pelanggan marketplace Shopee (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image terhadap repurchase intention pada pelanggan marketplace Shopee (6) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung antara electronic word of mouth terhadap repurchase intention melalui brand image pada pelanggan marketplace Shopee (7) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung antara celebrity endorser terhadap repurchase intention melalui brand image pada pelanggan marketplace Shopee. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti untuk pemasar dan pengembang marketplace Shopee yaitu meningkatkan repurchase intention pelanggan dengan cara peningkatan electronic word of mouth yang baik dan kualitas celebrity endorser yang sesuai dengan target pasar juga memperhatikan hal-hal lain dalam membentuk brand image yang kuat dipasarnya. Kemudian untuk peneliti di masa yang akan datang yaitu dengan lebih mengklasifikasikan responden berdasarkan salah sau produk/layanan serta lebih menspesifikan objek penelitian yang digunakan dan juga penambahan variabel atau pengembangan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi repurchase intention pada pelanggan marketplace Shopee.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199356

Actions (login required)

View Item View Item