Pengelolaan keuangan pada usaha ternak jangkrik di Kabupaten Blitar / Elfa Zumrotul Fikriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan keuangan pada usaha ternak jangkrik di Kabupaten Blitar / Elfa Zumrotul Fikriyah

Fikriyah, Elfa Zumrotul (2021) Pengelolaan keuangan pada usaha ternak jangkrik di Kabupaten Blitar / Elfa Zumrotul Fikriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan pada Usaha Ternak Jangkrik yang berfokus pada makna dan sumber modal pencatatan piutang pengelolaan keuntungan dan prinsip moral. Usaha Ternak Jangkrik merupakan salah satu usaha yang melakukan ternak jangkrik dan memiliki banyak mitra usaha tersebar di antar desa antar kecamatan antar kota. Usaha ternak jangkrik ini terletak di Rt 002/ Rw 004 Desa Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Peneliti tertarik melakukan penelitian di Usaha Ternak Jangkrik karena merupakan usaha ternak jangkrik pertama yang didirikan di Desa Pikatan pada tahun 2011. Sistem usahanya menggunakan sistem kemitraan dengan bon usaha sebagai pengikat antara pemilik usaha dengan para mitra usaha. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif studi kasus. Data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara semi struktur dokumentasi dan triangulasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber (penggunaan informan berbeda untuk mengetahui hasil data yang sama). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal adalah segala sesuatu yang digunakan untuk memulai usaha. Makna modal bagi Usaha Ternak Jangkrik adalah sesuatu yang penting kebedaannya dimana dengan adanya modal dapat digunakan untuk mendukung berkembangnya usaha. Selain modal berupa uang tetapi keahlian juga diperlukan dalam memulai usaha. Sumber modal Usaha Ternak Jangkrik berasal dari uang pribadi pemilik usaha. Pengelolaan modal usaha pada usaha ternak jangkrik berupa pengelolaan bon yang dilakukan dengan pencatatan untuk setiap barang yang diminta oleh mitra usaha yang nantinya pada saat panen akan diberikan nota hasil panen dan sisa bon. Sedangkan pengelolaan keuntungan pada usaha ternak jangkrik dilakukan dengan menyisihkan sebagian keuntungan untuk membeli aset dan keperluan lainnya sedangkan sebagian digunakan untuk zakat. Prinsip moral yang diterapkan pada usaha ternak jangkrik ini berupa sikap sungguh-sungguh jujur saling percaya disiplin dan patuh terhadap aturan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199332

Actions (login required)

View Item View Item