Pengaruh e-servicescape terhadap e-customer loyalty melalui e-trust (studi pada pengguna aplikasi OVO di Kota Malang) / Umi Hanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh e-servicescape terhadap e-customer loyalty melalui e-trust (studi pada pengguna aplikasi OVO di Kota Malang) / Umi Hanik

Hanik, Umi (2021) Pengaruh e-servicescape terhadap e-customer loyalty melalui e-trust (studi pada pengguna aplikasi OVO di Kota Malang) / Umi Hanik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan penggunaan internet telah membawa kemajuan di berbagai bidang. Terutama di masa pandemi yang menyebabkan transaksi online semakin meningkat hingga memunculkan aplikasi pembayaran online. Seiring pertumbuhan aplikasi pembayaran online yang semakin pesat pengguna dapat mempertimbangkan e-servicescape dalam memilih aplikasi. Jika e-servicescape pada aplikasi pembayaran online baik maka akan terbentuk kepercayaan dan pada akhirnya pengguna bersikap loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-servicescape terhadap e-customer loyalty melalui e-trust pada pengguna aplikasi OVO di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis rancangan deskriptif dan eksplanatori. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah e-customer loyalty (Y) dan variabel eksogen adalah e-servicescape (X) sedangkan untuk variabel mediasi adalah e-trust (Z). Untuk penentuan sampel digunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 152 responden yang dihitung menggunakan rumus Daniel amp Terrel. Kemudian uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi e-servicescape pada pengguna aplikasi OVO di Kota Malang sangat baik kondisi e-trust adalah pengguna sangat percaya dan e-customer loyalty adalah loyal (2) e-servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty (3) kemudian e-servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust (4) e-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer loyalty dan (5) e-servicescape berpengaruh tidak langsung terhadap e-customer loyalty melalui e-trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199329

Actions (login required)

View Item View Item