Pemodelan dan peramalan inflasi pada tiga wilayah di jawa timur menggunakan model gstar-sur / Ismy Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemodelan dan peramalan inflasi pada tiga wilayah di jawa timur menggunakan model gstar-sur / Ismy Rachmawati

Rachmawati, Ismy Rachmawati (2021) Pemodelan dan peramalan inflasi pada tiga wilayah di jawa timur menggunakan model gstar-sur / Ismy Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inflasi merupakan kenaikan suatu harga-harga secara umum dengan jangka waktu yang panjang. Inflasi akan berdampak negatif terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat apabila tingkat inflasi tinggi dan tidak stabil sehingga perlu adanya pengendalian inflasi salah satunya dengan melakukan peramalan. Peramalan yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perencanaan kedepannya. Selain berkaitan dengan waktu sebelumnya inflasi juga berkaitan dengan daerah lainnya. Oleh karena itu model GSTAR-SUR yang dikembangkan dari model GSTAR-OLS digunakan dalam peramalan ini. Pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan model GSTAR-SUR dan membandingkan hasil kajian dengan model GSTAR-OLS. Standard error pemodelan GSTAR-SUR lebih kecil dibandingkan dengan GSTAR-OLS maka model GSTAR-SUR lebih efisien dari pada GSTAROLS. Kemudian berdasarkan nilai RMSE terkecil dalam peramalan inflasi bulanan model yang terbaik yaitu pemodelan GSTAR-SUR menggunakan bobot lokasi korelasi silang yang diperoleh nilai RMSE-nya sebesar 0 47516.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199232

Actions (login required)

View Item View Item