Perancangan media informasi tentang dkv dalam ekonomi kreatif di Indonesia / Didya Ilyas Muqaffi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media informasi tentang dkv dalam ekonomi kreatif di Indonesia / Didya Ilyas Muqaffi

Muqaffi, Didya Ilyas (2021) Perancangan media informasi tentang dkv dalam ekonomi kreatif di Indonesia / Didya Ilyas Muqaffi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekonomi kratif menjadi sektor yang diberi perhatian lebih oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2015 karena dinilai memiliki prospek cerah dan diharapkan mampu menjadi sejata perekonomian nasional dimasa mendatang. Dari ke-16 subsektor yang ada DKV adalah salah satu subsektor yang memiliki potensi. DKV dinilai bisa berperan dalam memajukan subsektor lainnya melalui desain visual. Namun dibalik itu DKV juga memiliki kendala yaitu kurangnya edukasi desain kepada masyarakat awam. Maka dari itu untuk mengoptimalkan potensi DKV dan mengedukasi masyarakat mengenai DKV dibuatlah konten Instagram sebagai edukasi tentang peran DKV dalam subsektor ekonomi kreatif dengan batasan audiens primer pelaku industri kreatif usia 20-30 tahun di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode prosedural mengikuti langkah-langkah prosedural. Data yang diperleh dianalisa dengan metode 5W 1H yang meliputi what where when why who dan how. Sedangkan model perancangan yang digunakan merupakan model hasil pengembangan dari Yongki Safanayong yang dimodifikasi sesuai dengan langkah kerja dalam pembuatan konten Instagram. Konten Instagram yang dirancang dikemas dalam sebuah akun instagram bernama ldquo Heykraf rdquo . Sejalan dengan dokumen pengembangan DKV Kota Malang akun Instagram Heykraf berafiliasi dengan ADGI Malang sebagai salah satu stakeholder yang terlibat dalam pengembangan DKV di Kota Malang. Konten yang dirancang berupa highlight yang berisi tentang pengenalan DKV dan Kemenparekraf/Baparekraf konten Feed berupa carousel yang berisi tentang contoh-contoh penerapan DKV pada brand ekonomi kreatif beserta penjelasannya dan beberapa media pendukung untuk mempromosikan akun Heykraf

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199191

Actions (login required)

View Item View Item