Hubungan antara self-efficacy dan kecerdasan emosional dengan kecemasan akademik siswa sma negeri 1 batu / Sandra Maureena - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self-efficacy dan kecerdasan emosional dengan kecemasan akademik siswa sma negeri 1 batu / Sandra Maureena

Maureena, Sandra Maureena (2021) Hubungan antara self-efficacy dan kecerdasan emosional dengan kecemasan akademik siswa sma negeri 1 batu / Sandra Maureena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa SMA berada pada jenjang masa remaja bukan hanya terjadi perubahan secara fisik pada kala inilah individu juga akan mengalami adanya perubahan secara emosional dan melakukan bermacam perilaku. Di sekolah peserta didik akan menerima tanggung jawab pada proses akademik yang lebih tinggi pada tiap jenjangnya yang tidak memungkiri akan menimbulkan kecemasan akademik. Kecemasan akademik merupakan kondisi emosi yang mengganggu secara psikologis tentang ketakutan dan ketegangan yang berlebihan pada perihal yang belum terjadi dalam situasi akademik. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kecemasan akademik faktor internal menjadi salah satunya. Bandura menjelaskan bahwa individu mengalami kecemasan akademik karena memiliki persepsi kognitif negatif yang cenderung menilai kurangnya keyakinan atas kapasitas yang dimiliki dalam menyelesaikan tugas sehingga self efficacy diduga memiliki keterkaitan dengan kecemasan akademik. Selain persepsi kognitif yang negatif emotional intelligence (kecerdasan emosi) menjadi salah satu sumber dari kecemasan akademik. Kecerdasan emosi merujuk pada kemampuan dalam pengelolaan emosi memotivasi diri sendiri mengerti perasaan orang lain dan kemampuan dalam menciptakan relasi yang sehat dengan orang lain. Kecemasan akademik terjadi karena individu belum mampu mengatur emosi dalam diri sendiri dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan kecerdasan emosional secara bersama dengan kecemasan akademik siswa SMA Negeri 1 Batu serta mendapati berapa besar sumbangan efektif yang diberikan dari variabel self efficacy dan kecerdasan emosional terhadap kecemasan akademik siswa SMA. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek yang digunakan untuk pengambilan data penelitian adalah peserta didik kelas X XI dan XII SMA Negeri 1 Batu dengan jumlah populasi sebanyak 1230 siswa. Total sampel yang digunakan sebanyak 246 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala penilaian bentuk skala sikap model Likert yang terdiri dari skala self efficacy skala kecerdasan emosional dan skala kecemasan akademik. Skala penilaian berupa pernyataan tertutup dengan empat alternatif jawaban.Teknik pengujian validitas instrumen menggunakan metode analisis product moment pearson sedangkan untuk uji reliabilitas instrumen penelitian menggunakan metode croncbach alpha melalui program IBM SPSS Statistic 25. Teknik penganalisisan data untuk uji menguji hipotesis menggunakan uji regresi ganda dengan melakukan tahapan uji prasyarat hipotesis antara lain uji normalitas uji linearitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas yang masing-masing pengujian menggunakan bantuan program Microcsoft Excel dan IBM SPSS Statistic 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada hubungan negatif dan signifikan antara self efficacy dengan kecemasan akademik siswa SMA Negeri 1 Batu 2) ada hubungan negatif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan akademik siswa SMA Negeri 1 Batu 3) ada hubungan negatif dan signifikan antara self efficacy dan kecerdasan emosional secara simultan dengan kecemasan akademik siswa SMA Negeri 1 Batu dan 4) besar sumbangan efektif yang diberikan dari self efficacy dan kecerdasan emosional terhadap kecemasan akademik sebesar 31% (R square 0 310). Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 69% faktor penyebab kecemasan akademik disebabkan oleh variabel lain yang diluar penelitian ini. Berlandaskan dari hasil penelitian sebab itu disarankan dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi informasi bagi 1) konselor sekolah untuk membantu menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan konseling dengan layanan yang tepat dengan kebutuhan siswa terkhusus pada bidang pribadi sosial dan belajar. Sehingga melalui penelitian ini konselor dapat meningkatkan self efficacy dan kecerdasan emosional siswa menggunakan metode dan taktis layanan bimbingan dan konseling yang sesuai untuk mengurangi kecemasan akademik siswa SMA Negeri 1 Batu 2) Penulis juga menyarankan untuk peneliti selanjutnya dengan melihat kelemahan yang ada dalam penelitian ini maka dapat melakukan penelitian terkait kecemasan akademik dengan meninjau melalui variabel lain. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut terhadap kecemasan akademik dan dapat membuat buku panduan untuk membantu siswa dalam meminimalisasi kecemasan akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199087

Actions (login required)

View Item View Item