Pengembangan multimedia interaktif sebagai media bimbingan untuk mencegah perilaku fomo pada sma / Saskianadia Dewi Hanurikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif sebagai media bimbingan untuk mencegah perilaku fomo pada sma / Saskianadia Dewi Hanurikha

Hanurikha, Saskianadia Dewi Hanurikha (2021) Pengembangan multimedia interaktif sebagai media bimbingan untuk mencegah perilaku fomo pada sma / Saskianadia Dewi Hanurikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia selalu ingin mengetahui informasi terbaru dan tergabung dalam semua hal termasuk komunitas atau kegiatan yang dilakukan oleh orang lain. Ada berbagai sarana yang dapat digunakan untuk selalu up to date salah satunya media sosial. Peristiwa ini juga berpengaruh pada kehidupan anak usia remaja. Fear of Missing Out (FoMO) merupakan peristiwa yang terjadi ketika seseorang tidak tergabung terhubung dan mengikuti hal yang sedang terjadi. Akibatnya adalah rasa cemas ketakutan bahkan dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa hal ini dapat terjadi pada siswa di SMA Negeri 7 Malang. Berdasarkan hasil analisis maka strategi bimbingan kelompok dengan menggunakan multimedia interaktif diprediksi mampu untuk mencegah perilaku FoMO pada siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif dan buku panduan penggunaan dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku FoMO pada siswa SMA. Adapun beberapa indikator yang digunakan dalam pengembangan ini adalah (1) siswa dapat memahami apa yang dimaksud FoMO (2) siswa mengetahui bahaya dari perilaku FoMO (3) siswa mengerti dampak dari perilaku FoMO (4) siswa memahami cara yang dapat dilakukan untuk mencegah perilaku FoMO (5) memiliki rasa menerima diri. Metode dalam penelitian pengembangan ini merujuk pada model Lee amp Owens dengan lima langkah prosedural tetapi peneliti melakukan adaptasi sehingga hanya dilakukan tiga langkah. Adapun tiga langkah yang dilakukan yaitu (1) assesment (2) desain (3) pengembangan. Subjek penelitian pengembangan terdiri dari dua ahli materi satu ahli media dan satu calon pengguna (konselor). Instumen uji ahli dan calon pengguna menggunakan skala penilaian keberterimaan produk yang didasarkan pada aspek ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan. Kemudian untuk analisis data hasil uji ahli materi menggunakan inter-rater-agreement model dan hasil penilaian ahli media dan calon pengguna menggunakan rata-rata. Hasil penilaian oleh dua ahli materi bimbingan dan konseling mencapai indeks 1 00 yang menunjukkan validitas sangat tinggi. Uji ahli media mendapatkan indeks rata-rata 3 92 yang menunjukkan bahwa media layak. Uji calon pengguna mendapatkan indeks sebesar 3 88 yang berarti media layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka produk multimedia interaktif ini memenuhi kriteria sangat tepat sangat berguna sangat menarik dan sangat mudah digunakan dalam kegiatan bimbingan kelompok. Namun penelitian ini masih perlu pengembangan hingga tahap kelima dengan metode yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199082

Actions (login required)

View Item View Item