Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan metode somakasi untuk mencegah perilaku bullying pada Siswa SMP - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan metode somakasi untuk mencegah perilaku bullying pada Siswa SMP

Iglisias, Helza Valestya Nadya (2021) Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan metode somakasi untuk mencegah perilaku bullying pada Siswa SMP. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

penelitian ini menghasilkan panduan layanan bimbingan kelompok dengan metode somakasi untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP. Desain penelitian mengadaptasi model Borg and Gall mengadopsi lima langkah yaitu (1) menentukan masalah (2) melakukan perencanaan (3) mengembangan produk (4) melakukan uji lapangan awal dan (5) revisi. Subjek penelitian adalah ahli materi ahli media dan calon pengguna (konselor). Instrumen uji ahli dan calon pengguna berbentuk skala penilaian keberterimaan produk berdasarkan aspek kegunaan ketepatan kemudahan dan kemenarikan. Analisis data hasil uji ahli materi dan calon pengguna menggunakan teknik inter-rater-agremeent. Sedangkan hasil uji ahli media dianalisis dengan teknik rata-rata. Hasil analisis uji ahli materi menunjukan angka indeks kesepakatan sebesar 1 00 berarti mencapai validitas sangat tinggi. Uji ahli media mendaptkan nilai rata-rata 4 yang menunjukan bahwa produk layak. Sedangkan uji calon pengguna mencapai kesepakatan indeks 1 00 yang berarti validitas sangat tinggi. Hasil penilaian produk dari ahli dan calon pengguna produk buku panduan memenuhi kriteria sangat tepat sangat berguna sangat menarik dan sangat mudah sehingga produk sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 01:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199078

Actions (login required)

View Item View Item