Pengembangan panduan biblioedukasi berdamai dengan diri sendiri untuk memenuhi self esteem remaja narsistik / Ilma Ainu Sofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan biblioedukasi berdamai dengan diri sendiri untuk memenuhi self esteem remaja narsistik / Ilma Ainu Sofa

Sofa, Ilma Ainu Sofa (2021) Pengembangan panduan biblioedukasi berdamai dengan diri sendiri untuk memenuhi self esteem remaja narsistik / Ilma Ainu Sofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa tumbuh menjadi remaja mengalami beberapa permasalahan yang diyakini memengaruhi kehidupan sehari-hari. Masalah yang timbul adalah pribadi dan sosial yang berujung pada kurangnya pemenuhan harga diri (self-esteem) siswa. Proses mengatasi masalah self-esteem siswa di sekolah ini dapat dilakukan dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan biblioedukasi untuk membantu peserta didik mengetahui keyakinan negatif dan mengubahnya menjadi positif. Oleh karena itu peneliti menulis panduan biblioedukasi berdamai dengan diri sendiri untuk memenuhi self esteem remaja narsistik. Panduan ini ditulis dengan lengkap dan rinci konselor dapat menggunakannya pada layanan bimbingan kelompok di sekolah untuk mencapai harga diri siswa. Tujuan dari pengembangan dan penelitian ini agar menghasilkan produk panduan biblioedukasi berdamai dengan diri sendiri untuk memenuhi self esteem remaja narsistik. Kriteria keberterimaan produk panduan ini telah memenuhi kriteria yang terdiri dari kriteria kegunaan ketepatan dan kemenarikan. Model penelitian ini diadaptasi dan dikembangkan oleh Borg amp Gall (1989) dengan memodifikasi 5 tahap prosedur penelitian adalah (a) Pengumpulan data (b) Perencanaan (c) Pengembangan draf produk awal (d) Review ahli (e) Revisi produk (f) Produk akhir. Setelah menyelesaikan dan merancang buku panduan direview dan dinilai oleh ahli konten ahli format dan konselor selaku calon pengguna. Analisis data review ahli konten dan calon pengguna merupakan data numerikal dan dianalisis menggunakan inter-rater agreement yang dikembangkan oleh Gregory dan untuk ahli format menggunakan data rentangan. Sedangkan data verbal dianalisis menggunakan deskriptif-interpretatif. Analisis data diperoleh dari review ahli format menghasilkan keberterimaan pada unsur saluran pelaksanaan panduan sebesar 3 83 unsur bentuk panduan sebesar 2 91 unsur performansi panduan sebesar 3 29 unsur sistematika panduan sebesar 3 93 dan unsur langkah-langkah pelaksanaan sebesar 3 16. Selanjutnya hasil indeks uji ahli materi untuk unsur pesan dan nilai berdamai dengan diri sendiri unsur aspek self esteem dan unsur analisis konteks pelaksanaan panduan sebesar 1 dan hasil review calon pengguna menghasilkan nilai pada unsur format panduan dan unsur konten panduan sebesar 1 maka produk dikategorikan sangat tepat sangat berguna dan sangat menarik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh tersebut menghasilkan bahwa panduan biblioedukasi berdamai dengan diri sendiri untuk memenuhi self esteem remaja narsistik yang dikembangkan sudah layak bisa dipergunakan sebagai panduan layanan bimbingan kelompok di sekolah oleh guru bk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199075

Actions (login required)

View Item View Item