Hubungan antara perhatian orang tua dengan pemilihan karier siswa kelas xii di sma negeri 9 malang / Vinkan Eko Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara perhatian orang tua dengan pemilihan karier siswa kelas xii di sma negeri 9 malang / Vinkan Eko Pratiwi

Pratiwi, Vinkan Eko Pratiwi (2021) Hubungan antara perhatian orang tua dengan pemilihan karier siswa kelas xii di sma negeri 9 malang / Vinkan Eko Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak orang tua percaya bahwa tanggung jawab mereka akan terlepas setelah anak diserahkan kepada guru untuk diberikan pendidikan untuk masa depan. Seluruhnya dilimpahkan kepada pendidik di sekolah dengan harapan anak dapat sukses dalam kariernya. Namun seharusnya orang tua menyadari perhatian yang mereka tunjukkan kepada anak memberikan pengaruh pada pemilihan karier. Penelitian yang dilakukan oleh Sugma (2017) menghasilkan hubungan positif antara locus of control internal dan perhatian orang tua dengan pemilihan karier siswa. Hayadin (2012) dalam penelitiannya menunjukkan sebagian besar siswa belum mampu memilih pekerjaan atau profesi. Hal ini disebabkan oleh rendahnya perhatian orang tua. Kemudian penelitian yang dilakukan Haryanto dkk (2018) menyebutkan bahwa bahwa terdapat perbedaan kesiapan dalam pemilihan karier pada peserta didik dengan keluarga yang memberikan perhatian serta dukungan dibandingkan lingkungan keluarga yang kurang memperdulikan anaknya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan pemilihan karier siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian siswa kelas XII SMAN 9 Malang sampel diambil menggunakan teknik random sampling sejumlah 137 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen skala perhatian orang tua dan skala pemilihan karier dan dianalisis dengan teknik Perason Correlation Product Moment. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0 620 dengan p lt 0 05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan pemilihan karier siswa kelas XII di SMAN 9 Malang. Untuk itu bagi konselor di sekolah dapat berkolaborasi dengan orang tua mengenai perhatian yang diberikan kepada siswa hal tersebut dikarenakan pemilihan karier yang sesuai berhubungan erat dengan perhatian orang tua. Kemudian untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan memperbesar subjek penelitian sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasikan atau dapat diterapkan pada lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199072

Actions (login required)

View Item View Item