Pengembangan panduan pemilihan studi lanjut dengan teknik problem solving bagi siswa smp / Nurma Septiyana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pemilihan studi lanjut dengan teknik problem solving bagi siswa smp / Nurma Septiyana Dewi

Nurma Septiyana Dewi (2021) Pengembangan panduan pemilihan studi lanjut dengan teknik problem solving bagi siswa smp / Nurma Septiyana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa remaja terdapat tugas perkembangan yang salah satu tugasnya berkaitan dengan karir. Namun tidak semua remaja mampu melakukan tugas perkembangannya dengan lancar bahkan ada individu yang mengalami bingung dalam memilih studi lanjut setelah lulus SMP. Berdasarkan hasil need assessment yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa dari 112 siswa kelas IX ada 50% atau sebanyak 53 siswa kelas IX yang merasa bingung untuk menentukan sekolah lanjutan setelah lulus SMP. Lebih lanjut lagi berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bersama konselor menunjukkan bahwa konselor hanya melayani siswa yang ingin berkonsultasi saja. Artinya belum ada pelayanan khusus dalam mengatasi kesulitan siswa memilih studi lanjutannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan pemilihan studi lanjut dengan teknik problem solving bagi siswa SMP yang memenuhi kriteria keberterimaan dari aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan merupakan adaptasi dari desain oleh Borg and Gall yang dilakukan dengan 5 langkah yaitu (a) penelitian dan pengumpulan data awal/informasi awal (b) melakukan perencanaan (c) pengembangan format produk awal (d) melakukan uji permulaan (e) melakukan revisi produk dan menjadi produk akhir berupa prototipe panduan pemilihan studi lanjut dengan teknik problem solving bagi siswa SMP. Penilaian produk pengembangan dilakukan oleh dua ahli yang kompeten di bidangnya yaitu ahli materi Bimbingan dan Konseling ahli media Teknologi Pendidikan dan calon pengguna yaitu konselor sekolah. Pengumpulan data menggunakan instrumen ahli materi instrumen ahli media dan instrumen calon pengguna. Analisis data kuantitatif menggunakan inter-rater agreement model oleh Gregory (2011). Jika sebuah produk memiliki nilai 0 76-1 00 termasuk pada kategori validitas sangat tinggi. Data kualitatif didapatkan dari analisis terkait dengan kritik saran dan masukan dari penilaian ahli. Dari hasil penilaian ahli dapat dikatakan bahwa panduan ini memenuhi kriteria keberterimaan produk baik dari aspek aspek ketepatan aspek kegunaan aspek kemudahan dan aspek kemenarikan. Hasil uji ahli media mendapatkan hasil 0 89 sedangkan untuk uji materi dan uji calon pengguna mendapatkan hasil sebesar 1 00 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Didasarkan pada hasil uji dapat disimpulkan bahwa prototipe panduan pemilihan studi lanjut dengan teknik problem solving bagi siswa SMP memenuhi syarat keberterimaan produk yang terdapat empat aspek yaitu aspek ketepatan aspek kegunaan aspek kemudahan dan aspek kemenarikan. Bagi peneliti selanjutnya agar bisa melanjutkan hingga ke tahap ke sepuluh dan dapat menguji keefektifan produk penelitian dan pengembangan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 00:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199069

Actions (login required)

View Item View Item