Pengembangan buku panduan teknik homeroom untuk meningkatkan kedisiplinan siswa smk / Muhammad Miftah Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan teknik homeroom untuk meningkatkan kedisiplinan siswa smk / Muhammad Miftah Arif

Arif, Muhammad Miftah Arif (2021) Pengembangan buku panduan teknik homeroom untuk meningkatkan kedisiplinan siswa smk / Muhammad Miftah Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu aspek yang harus dimiliki manusia yang baik dan beretika adalah aspek kedisiplinan prilaku ini perlu sekali ditekankan pada setiap manusia karena prilaku ini selalu dibutuhkan untuk menjadi manusia yang beretika. Masa remaja merupakan masa saat remaja mengalami perkembangan secara konstektual. Didasarkan pada Standar Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) perkembangan remaja secara konstektual ini menuntut remaja untuk memenuhi kebutuhannya. aspek perkembangannya pada poin ke dua yakni landasan prilaku etis tataran akomodasi untuk SLTA sederajat yaitu menghargai keberagaman sumber norma sebagai rujukan pengembalian keputusan dan pada tataran tindakan seharusnya siswa SLTA sederajat mampu bertindak berdasarkan keputusan yang melakukan pertimbangan terhadap sejumlah aspek etis. Untuk aspek kedisiplinan siswa dapat diberikan layanan bimbingan kelompok dengan homeroom. Berdasarkan studi literatur bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik homeroom mampu meningkatkan kedisiplinan pada siswa SMK. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan teknik homeroom untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMK yang memenuhi kriteria aspektabilitas. Adapun materi yang digunakan dalam pengembangan yakni (1) Kedisiplinan terhadap waktu (2) Kedisiplinan Terdahap Tata tertib (3) Kedisiplinan Menegakkan tata tertib disekolah. Ketiga aspek tersebut digunakan untuk mengukur tingkat kedisiplinan siswa SMK. Metode penelitian pengembangan yang digunakan merujuk pada model Borg dan Gall dengan dengan sepuluh langkah prosedural namun peneliti hanya menggunakan sampai pada tahap kelima yaitu (1) menentukan masalah dan pengumpulan data (2) perencanaan pengembangan (3) pengembangan desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk akhir. Subjek penelitian pengembangan terdiri atas satu ahli media satu ahli materi dan dua calon pengguna (konselor). Instrumen uji ahli dan calon pengguna menggunakan skala penilaian keberterimaan produk yang didasarkan pada 4 aspek yakni apek kegunaan aspek kemudahan aspek ketepatan dan aspek kemenarikan. Data yang diperoleh dari beberapa uji ahli berupa data numerik dan data verbal. Data numerik didapatkan dari akumulasi poin yang telah diberikan oleh ahli materi media dan calon pengguna. Sedangkan data verbal merupakan kritik dan saran yang diberikan oleh ahli materi media dan calon pengguna (konselor) sebagai perbaikan produk yang dikembangkan teknik analisis yang digunakan pada uji ahli materi dan media adalah rerata sedangkan pada uji calon pengguna adalah interrater. Hasil penelitian pengembangan oleh uji ahli materi bimbingan dan konseling mendapatkan skor cukup tinggi dengan presentase 68 75% dengan kategori ldquo layak rdquo . Hasil uji ahli media bimbingan dan konseling mendapatkan skor sangat tinggi dengan presentase 82 8%. Kemudian hasil uji calon pengguna oleh 2 konselor di SMK dan di SMKN 5 Malang mendapatkan skor tinggi dengan presentase masing-masing 99% dan 94%. Hasil uji ahli oleh dosen ahli materi dosen ahli media dan 2 calon pengguna tersebut membuktikan bahwa buku panduan teknik homeroom layak digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMK. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan tahap selanjutnya yakni melakukan penelitian untuk uji keefektifan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199066

Actions (login required)

View Item View Item