Hubungan antara harga diri dan konsep diri terhadap perilaku prososial siswa sma negeri 7 malang / Siti Maslihatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara harga diri dan konsep diri terhadap perilaku prososial siswa sma negeri 7 malang / Siti Maslihatur Rohmah

Rohmah, Siti Maslihatur Rohmah (2021) Hubungan antara harga diri dan konsep diri terhadap perilaku prososial siswa sma negeri 7 malang / Siti Maslihatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku prososial merupakan unsur penting bagi siswa dalam mengembangkan pribadi dan sosialnya. Salah satu variabel yang mempengaruhi tingkat perilaku prososial siswa SMA adalah harga diri dan konsep diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh harga diri konsep diri dan perilaku prososial siswa SMA Negeri 7 Malang. Rancangan deskriptif korelasional digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 801 siswa. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Penentuan sampel sebanyak 26 diperoleh dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan intrumen kepada siswa melalui google form. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 21. Uji reliabilitas menggunakan aplha cronbach diperoleh hasil skala harga diri sebesar 0.926 skala konsep diri sebesar 0.899 dan skala perilaku prososial sebesar 0.900. Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan sebagian besar siswa SMA Negeri 7 Malang memiliki harga diri rendah yakni 188 responden atau 71 41%. Konsep diri sebagian besar siswa SMA Negeri 7 Malang rendah yakni 138 responden atau 51.69%. Perilaku prososial sebagian besar siswa SMA Negeri 7 Malang rendah yakni 145 responden atau 54.31%. Uji linier berganda menunjukkan bahwa harga diri dan konsep diri memiliki pengaruh simultan sebesar 37% terhadap perilaku prososial siswa SMA Negeri 7 Malang. Harga diri secara parsial memiliki hubungan yang signifikan terhadapa perilaku prososial dengan nilai signifikasi 0 000. Sedangkan konsep diri secara parsial tidak memiliki hubungan signifikan terhadap perilaku prososial. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa harga diri dan konsep diri memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku prososial siswa SMA Negeri 7 Malang. Hasil penelitian ini selanjutnya dapat digunakan untuk menyusun program layanan bimbingan dan konseling terkait peningkatan perilaku prososial dengan melibatkan variabel harga diri dan konsep diri. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian pengembangan yang dapat digunakan konselor untuk memberikan layanan bimbingan pribadi sosial yang berkaitan dengan perilaku prososial dengan melibatkan harga diri dan konsep diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199057

Actions (login required)

View Item View Item