Hubungan manajemen waktu dengan regulasi diri pada siswa smp negeri 21 malang / Inas Zhafirah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan manajemen waktu dengan regulasi diri pada siswa smp negeri 21 malang / Inas Zhafirah

Zhafirah, Inas Zhafirah (2021) Hubungan manajemen waktu dengan regulasi diri pada siswa smp negeri 21 malang / Inas Zhafirah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesulitan dalam mengelola waktu menjadi masalah utama pada siswa SMP seperti pengumpulan tugas yang melebihi deadline pembagian waktu antara belajar dan membantu orang tua dalam pekerjaan rumah pada saat pembelajaran daring bingung untuk menentukan prioritas yang berkaitan dengan gadget. Kesulitan siswa dalam mengelola dirinya menjadi salah penyebab siswa kesulitan dalam manajemen waktu. Manajemen waktu berperan dalam pembentukan regulasi diri dalam belajar. Manajemen waktu yang baik akan membentuk regulasi diri dalam belajar pada siswa. Fenomena tersebut terjadi pada siswa kelas VIII SMPN 21 Malang. Berdasarkan permasalahan yang terjadi berkaitan dengan pribadi-belajar siswa dimana siswa dapat manajemen waktu dengan efektif dan efisien agar siswa dapat meregulasi diri dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat manajemen waktu siswa tingkat regulasi diri siswa dan hubungan antara regulasi diri dengan manajemen waktu pada siswa SMP Negeri 21 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Malang dengan populasi sebanyak 270 siswa dan sampel sebanyak 73 siswa. Pengambilan data menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling dimana sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif menggunakan kategorisasi penelitian setiap variabel uji asumsi klasik dan correlation product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat manajemen waktu siswa termasuk dalam kategori sedang dengan presentase sebanyak 72 6% tingkat regulasi diri termasuk dalam kategori sedang dengan presentase sebanyak 67 1% serta uji correlation product moment menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara manajemen waktu dengan regulasi diri siswa dengan nilai sebesar 0 548. Hubungan positif yang dimaksudkan yaitu semakin tinggi tingkat manajemen waktu siswa maka tingkat regulasi diri pun semakin tinggi begitupun sebaliknya. Hasil uji correlation product moment dengan menggunakan teknik uji analisis korelasi didapatkan hasil yang menyatakan bahwa ada hubungan antara manajemen waktu dengan regulasi diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang maka hipotesis alternatif (Ha) yang terbilang terdapat hubungan antara manajemen waktu dengan regulasi diri diterima dan hipotesis nihil (H0) yang menjelaskan tidak ada hubungan antara manajemen waktu dengan regulasi diri ditolak. Hipotesis ini membuktikkan bahwa aspek variabel manajemen waktu mempunyai kapasitas yang penting untuk peningkatan aspek regulasi diri pada siswa SMP Negeri 21 Malang. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai acuan atau pertimbangan bagi peneliti selanjutnya untuk pengembangan suatu panduan atau produk mengenai manajemen waktu dan regulasi diri yang baik dalam bidang Bimbingan dan Konseling. Bagi konselor diharapkan dapat meningkatkan manajamen waktu dan regulasi diri siswa dengan memberikan pelatihan ataupun layanan informasi melalui bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199054

Actions (login required)

View Item View Item