Pengembangan video animasi sebagai media layanan informasi sekolah lanjutan bagi siswa SMP / Elisa Adhistiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video animasi sebagai media layanan informasi sekolah lanjutan bagi siswa SMP / Elisa Adhistiya

Adhistiya, Elisa (2021) Pengembangan video animasi sebagai media layanan informasi sekolah lanjutan bagi siswa SMP / Elisa Adhistiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana remaja sudah memikirkan alternatif pilihan sekolah lanjutan yang sesuai untuk dirinya. Namun pada kenyataannya remaja terutama pada siswa SMP mengalami kebimbangan dalam menyiapkan sekolah lanjutan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media video animasi terkait informasi sekolah lanjutan bagi siswa SMP dan buku panduan penggunaan video animasi untuk membantu konselor dalam memberikan layanan informasi sekolah lanjutan kepada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai informasi sekolah lanjutan yang akan dipilihnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983). Peneliti memodifikasi beberapa langkah dan menyelesaikan pengembangan pada langkah ke lima. Beberapa langkah dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan dan keadaan ketika pengembangan sedang dilakukan. Hasil penilaian pada penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil dari uji ahli materi sebesar 1 hasil indeks uji ahli media sebesar 0 875 dan hasil indeks uji calon pengguna (konselor) sebesar 1. Berdasarkan penilaian ahli dan calon pengguna (konselor) menunjukkan bahwa media video animasi dan buku panduan yang dibuat layak digunakan. Berdasarkan uji coba yang dilakukan video animasi sebagai media layanan informasi sekolah lanjutan bagi siswa SMP yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat tinggi. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa video animasi sebagai media layanan informasi sekolah lanjutan siswa SMP telah memenuhi syarat keberterimaan dan layak digunakan sebagai media penunjang dalam pemberian layanan bimbingan karier di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199043

Actions (login required)

View Item View Item