Pengembangan media video edukasi untuk mengurangi academic burnout siswa smkn 6 malang / Minnati Izzatul Asna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video edukasi untuk mengurangi academic burnout siswa smkn 6 malang / Minnati Izzatul Asna

Asna, Minnati Izzatul Asna (2021) Pengembangan media video edukasi untuk mengurangi academic burnout siswa smkn 6 malang / Minnati Izzatul Asna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk media video edukasi yang berjudul Mengurangi Academic Burnout (MENABUR) untuk mengurangi academic burnout siswa SMK dengan memenuhi keberterimaan produk. Produk video edukasi memiliki durasi video 8 menit serta buku panduan untuk konselor dalam memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R amp D) dengan menggunakan model Borg amp Gall yang hanya dilakukan sampai tahap keenam dari kesepuluh tahap yang ada. Prosedur penelitian dan pengembangan ini meliputi pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba calon pengguna dan revisi produk akhir. Subjek penelitian dan pengembangan terdiri dari satu uji ahli materi satu uji ahli media dan satu uji calon pengguna. Penilaian uji ahli dan calon pengguna untuk mengetahui keberterimaan produk menggunakan skala penilaian yang berdasarkan aspek kegunaan ketepatan kemenarikan dan kejelasan produk. Instrumen penilaian menggunakan format penilaian ahli dan calon pengguna. Hasil uji ahli dianalisis menggunakan numerik rerata. Keseluruhan hasil uji menunjukkan bahwa produk video edukasi dengan judul Mengurangi Academic Burnout (MENABUR) mendapatkan kategori penilaian sangat tinggi dan telah memenuhi keberterimaan produk sehingga dapat diimplementasikan sebagai media bagi konselor dalam memberikan layanan bimbingan kelompok utnuk mengurangi academic burnout.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199042

Actions (login required)

View Item View Item