Pengaruh teknik token ekonomi terhadap perilaku trash-talk remaja pemain game dota 2 / Raditya Tri Yoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh teknik token ekonomi terhadap perilaku trash-talk remaja pemain game dota 2 / Raditya Tri Yoga

Yoga, Raditya Tri Yoga (2021) Pengaruh teknik token ekonomi terhadap perilaku trash-talk remaja pemain game dota 2 / Raditya Tri Yoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dota 2 adalah salah satu game online yang diluncurkan pada tahun 2013. Game yang sangat popular dikalangan remaja kisaran umur 18 sampai dengan 25 tahun perilaku buruk pemain seperti trashtalk sangat melekat pada game ini. Game kompetitif pertarungan antar dua tim terdiri dari lima pemain setiap tim dengan masing-masing tim memiliki markas untuk dipertahankan saling menghancurkan markas lawan untuk mencapai kemenangan. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pakah ada pengaruh token ekonomi terhadap perilaku trash talk pemain game dota 2. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimental. Sample diambil secara acak pemain yang aktif bermain selama 2 tahun terakhir dan memiliki perilaku trash talk. Menggunakan rubric penilaian sebagai acuan setiap kali subjek menunjukan perilaku trash talk maka akan diberikan poin. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan hadiah berupa item dalam game berupa skin. Semakin sedikit poin yang dikumpulkan semakin bagus hadiahnya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa token ekonomi memiliki pengarih terhadap perilaku trash talk. Hal ini dibuktikan dengan data yang telah diambil selama eksperimen. Trashtalk ini tidak hanya ditunjukan pada lawan bermain mereka tetapi terkadang juga ditunjukan pada teman satu tim. Interaksi antar pemain dan kelompok subjek memberikan pengaruh terhadap perilaku trash talk pada subjek. trash talk pada pemain juga tergantung pada kondisi lawan seberapa tangguh mereka ras kewarganegaraan dan agama memberikan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199039

Actions (login required)

View Item View Item