Hubungan antara efikasi diri dengan impostor phenomenon pada mahasiswa psikologi universitas negeri malang. / Retno Dwi Agustiningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara efikasi diri dengan impostor phenomenon pada mahasiswa psikologi universitas negeri malang. / Retno Dwi Agustiningtyas

Agustiningtyas, Retno Dwi Agustiningtyas (2021) Hubungan antara efikasi diri dengan impostor phenomenon pada mahasiswa psikologi universitas negeri malang. / Retno Dwi Agustiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika mempunyai peranan penting dalam pendidikan karena dengan matematika siswa dapat mengembangkan logika rasionalitas dan penalaran kritis. Pembelajaran matematika di SMK dalam kurikulum 2013 tidak hanya bertujuan siswa dapat memahami dan menguasai berbagai macam konsep matematika yang telah diajarkan tetapi mereka juga harus mampu mengaplikasikannya dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa juga diharapkan mampu menemukan konsep dalam matematika melalui pengalaman-pengalaman belajar yang sudah dilakukannya. Pada proses pembelajaran matematika dibutuhkan suatu pendekatan yang dapat membantu atau mendorong siswa untuk dapat memahami konsep matematika dengan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Keterbatasan persediaan bahan ajar juga membuat siswa belum dapat memahami konsep matematika sehingga dibutuhkan suatu bahan ajar yang sesuai karakteristik siswa. Bahan ajar serta pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah serta karakter siswa akan dapat meningkatkan keaktifan kemandirian dan keterampilan berpikir siswa serta mendukung tercapainya tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan serta membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Bahan ajar modul dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri bahan ajar modul juga dapat digunakan untuk proses pembelajaran dengan bimbingan guru. Salah satu pendekatan pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pendekatan realistik. Pemahaman siswa yang baik terhadap suatu konsep matematika perlu membutuhkan obyek-obyek masalah nyata sehingga pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar modul matematika berbasis pendekatan realistik pada materi trigonometri yang valid praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model 4D( Define Design Development and Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Namun dikarenakan keterbatasan waktu dan saat ini masih pandemi maka penelitian tidak melewati serangkaian Disseminate ( penyebaran). Adapun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu analisis peserta didik analisis guru merancang dan membuat bahan ajar modul matematika berbasis realistik validasi bahan ajar oleh ahli materi dan ahli media melakukan ujicoba terhadap peserta didik tahapan inilah yang akan menghasilkan bahan ajar. Subjek yang dijadikan ujicoba adalah siswa kelas X TKJ-B SMKN 1 Sawoo Ponorogo.. Data yang telah diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menentukan kevalidan kepraktisan dan keefektifan dari bahan ajar modul matematika berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh pengembangan bahan ajar modul melalui tahap Define Design Development dan menghasilkan bahan ajar modul matematika berbasis pendekayan realistik yang dinyatakan valid praktis dan efektif. Berdasarkan dari hasil validasi bahan ajar modul oleh ahli materi dan ahli media telah memenuhi kriteria valid adapun perolehan hasil validasi ahli materi dan media secara keseluruhan adalah 78% dan 92%. Ini berarti bahan ajar modul matematika berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Dan perolehan persentase dari angket respon siswa sebesar 85% ini berarti produk pengembangan bahan ajar matematika berbasis pendekatan realistik memenuhi kriteria sangat praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar. Begitu juga dengan pencapaian ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan yaitu ini berarti bahan ajar matematika berupa modul berbasis pendekatan realistik dinyatakan efektif sebagai bahan ajar yang dapat mendukung belajar siswa dalam memahami suatu materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199025

Actions (login required)

View Item View Item