Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi siswa di sman 1 munjungan / Gigih Indra Permata - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi siswa di sman 1 munjungan / Gigih Indra Permata

Permata, Gigih Indra Permata (2021) Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi siswa di sman 1 munjungan / Gigih Indra Permata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat dukungan sosial pada siswa maupun siswi di SMAN 1 Munjungan mengetahui tingkat motivasi prestasi siswa di SMAN 1 Munjungan dan mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi prestasi siswa di SMAN 1 Munjungan. Pada penelitian ini variable independent X adalah ( Dukungan sosial ) sedangkan variabel Y adalah ( Motivasi berprestasi Sampel dalam penelitian ini adalah 55 orang siswa dan siswi menggunakan probability sampling. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi siswa di SMAN 1 Munjungan. Pengukuran dukungan sosial menggunakan skala yang dibuat sendiri berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Zimet dkk (1988) mengenai dukungan sosial. Sedangkan pengukuran motivasi berprestasi menggunakan skala berdasarkan dimensi yang dikemukakan oleh Muthee dan Thomas (Smith 2015) mengenai motivasi berprestasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar siswa SMAN 1 Munjungan memilliki tingkat dukungan sosial yang tinggi dan sebagian besar siswa SMAN 1 Munjungan memiliki tingkat motivasi berprestasi yang rendah penelitian ini juga membuktikan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi siswa di SMAN 1 Munjungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199024

Actions (login required)

View Item View Item