Kestabilan emosi sebagai prediktor kepatuhan terhadap otoritas pada siswa smp negeri 2 pare kabupaten kediri / ASTRID OCTAVIA ANGGRAINI - Repositori Universitas Negeri Malang

Kestabilan emosi sebagai prediktor kepatuhan terhadap otoritas pada siswa smp negeri 2 pare kabupaten kediri / ASTRID OCTAVIA ANGGRAINI

Anggraini, Astrid Octavia Anggraini (2021) Kestabilan emosi sebagai prediktor kepatuhan terhadap otoritas pada siswa smp negeri 2 pare kabupaten kediri / ASTRID OCTAVIA ANGGRAINI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa sebagai generasi muda yang berpendidikan bermoral dan berkarakter memiliki peran yang besar dalam pembangunan bangsa serta berkewajiban memberikan teladan yang baik bagi masyarakat. Namun pada masa ini banyak dijumpai fenomena dimana siswa tidak patuh pada figur otoritas di sekolah. Beberapa studi menunjukkan bahwa kestabilan emosi menjadi salah satu faktor yang turut mempengaruhi kepatuhan terhadap otoritas pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kepatuhan terhadap otoritas pada siswa SMP Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri 2) mengetahui tingkat kestabilan emosi pada siswa SMP Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri 3) mengetahui apakah kestabilan emosi merupakan prediktor kepatuhan terhadap otoritas pada siswa SMP Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional tipe sebab akibat menggunakan analisis dekriptif dan regresi linear sederhana. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu secara acak pada setiap kelas VIII SMP Negeri 2 Pare sebanyak 201 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan skala yaitu Emotional Stability Test for Children dan Obedient-Disobedient Tendency Scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebanyak 96 52% subjek memiliki tingkat kepatuhan terhadap otoritas rendah artinya sebagian besar siswa SMP Negeri 2 Pare memiliki tingkat kepatuhan terhadap otoritas yang rendah 2) sebanyak 113 subjek memiliki kestabilan emosi tinggi yang berarti bahwa sebagian besar siswa SMP Negeri 2 Pare memiliki tingkat kestabilan emosi yang tinggi 3) Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 037 lt 0 05 yang berarti hipotesis diterima diketahui juga nilai R-Square sebesar 0 022 yang memiliki arti bahwa kestabilan emosi memberikan kontribusi terhadap munculnya kepatuhan terhadap otoritas sebesar 2 2%. Saran kepada siswa yaitu 1) dapat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah secara aktif untuk menambah keterampilan mengembangkan potensi sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang negatif 2) diharapkan tetap mampu mengendalikan emosi meskipun sebagian besar memiliki kestabilan emosi yang tinggi sehingga tidak larut ke dalam kondisi emosional dengan melakukan tindakan-tindakan positif seperti mengikuti organisasi. Saran kepada pihak sekolah yaitu 1) diharapkan menghimbau para siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah dikarenakan kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan potensi siswa kepribadian yang lebih baik serta dapat mengelola dan mengontrol emosi dan kemampuannya diluar bidang akademik 2) pihak sekolah memperhatikan perilaku siswa selama di sekolah khususnya guru Bimbingan Konseling diharapkan dapat menjalin hubungan yang baik dan dapat bekerjasama dengan orangtua siswa sehingga dapat memberikan arahan yang tepat. Saran bagi penelitian selanjutnya yaitu 1) memperluas populasi penelitian 2) melakukan penelitian tidak hanya di sekolah negeri tetapi juga di sekolah swasta 3) menambah variabel penelitian lain yang berkaitan dengan kepatuhan terhadap otoritas 4) mengkaji penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh besar pada variabel kepatuhan otoritas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199022

Actions (login required)

View Item View Item