Hubungan antara self compassion dengan loneliness pada emerging adult di kota malang / Aditia Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self compassion dengan loneliness pada emerging adult di kota malang / Aditia Purnamasari

Purnamasari, Aditia Purnamasari (2021) Hubungan antara self compassion dengan loneliness pada emerging adult di kota malang / Aditia Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Loneliness merupakan situasi yang dialami oleh individu ketika merasakan kekurangan kualitas hubungan tertentu yang diinginkan sehingga memunculkan perasaan yang mengganggu. Perasaan loneliness dapat diatasi dengan self-compassion yang diartikan sebagai kemampuan individu untuk menyayangi diri sendiri dengan kebaikan atas pengalaman negatif sehingga memahami hal tersebut merupakan bagian dari kehidupan setiap manusia. Beberapa penelitian terdahulu telah membuktikan adanya hubungan serta manfaat antara loneliness dengan self-compassion. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara dua variabel memiliki kategori yang sedang sedangkan pada penelitian ini memiliki temuan berbeda yang menunjukkan adanya hubungan antara self-compassion dengan loneliness dengan kategori tinggi yang berarti kemampuan self-compassion memiliki hubungan dalam mengelola perasaan negatif dari pengalaman loneliness pada emerging adult di Kota Malang. Hal ini sejalan dengan tujuan pelaksanaan penelitian untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan loneliness pada emerging adult di Kota Malang. Subjek yang digunakan merupakan emerging adult yang berusia 18-25 tahun berstatus lajang dan bertempat tinggal di Kota Malang. Instrumen penelitian menggunakan skala Neff (2003) Self Compassion Scale dan skala Russel (1996) R-UCLA Loneliness version 3 yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian statistik deskriptif serta metode analisis korelasional Pearson rsquo s Product Moment. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling sejumlah 111 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara self-compassion dengan loneliness pada emerging adult di Kota Malang secara signifikan dengan nilai r ndash 0 619. Hasil penelitian menemukan bahwa emerging adult di Kota Malang memiliki tingkat kategori sedang pada kedua variabel dan menunjukkan adanya hubungan yang tinggi antara kedua variabel. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada pembaca untuk menyadari kemampuan self-compassion yang dimiliki dalam upaya mengatasi perasaan loneliness agar tidak berkembang lebih jauh yang mampu mengganggu kesehatan mental fisik maupun hubungan interpersonal dengan lingkungan dan diharapkan juga mampu menjaga perasaan keterhubungan dengan sosial serta meningkatkan kepedulian terhadap diri melalui self-compassion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199005

Actions (login required)

View Item View Item