Perbedaan perilaku konsumtif belanja online ditinjau dari perspektif gender pada mahasiswa psikologi universitas negeri malang / Fero Triamirza Adam - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan perilaku konsumtif belanja online ditinjau dari perspektif gender pada mahasiswa psikologi universitas negeri malang / Fero Triamirza Adam

Adam, Fero Triamirza Adam (2021) Perbedaan perilaku konsumtif belanja online ditinjau dari perspektif gender pada mahasiswa psikologi universitas negeri malang / Fero Triamirza Adam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan aktivitas membeli barang dengan pertimbangan yang tidak masuk akal dan tidak berdasarkan kebutuhkan Jadi individu dalam melakukan pembelian lebih mementingkan faktor keinginan (want) daripada faktor kebutuhan (need). Dalam penelitian terdahulu terdapat perbedaan hasil salah satu penelitian menunjukkan adanya perbedaan perilaku konsumtif antara laki-laki dan perempuan. Penelitian lainnya menunjukkan tidak ada perbedaan perilaku konsumtif antara laki-laki dan perempuan. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui perilaku konsumtif belanja online bila ditinjau dari perspektif gender pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perilaku konsumtif belanja online ditinjau dari perspektif gender pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif komparatif dengan sampel mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang berjumlah 280 mahasiswa yang terdiri dari 140 laki-laki dan 140 perempuan. Alat ukur penelitian ini adalah mengadaptasi skala Rahmona yang dikembangkan berdasarkan aspek-aspek Engel Blackwell dan Miniard yang berjumlah 31 item. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas isi. Berdasarkan hasil perhitungan reliabilitas menggunakan formula alpha cronbach skala perilaku konsumtif diperoleh sebesar 0 907 dengan kategori reliabel 22 item. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan perilaku konsumtif belanja online antara laki-laki dan wanita Sig. (2-tailed) 0.000 lt 0.05 mahasiswa laki-laki lebih tinggi perilaku konsumtifnya dibandingkan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perilaku konsumtif belanja online ditinjau dari perspektif gender pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan penelian tersebut peneliti memberi saran untuk subjek khususnya mahasiswa laki-laki agar lebih mengutamakan kebutuhan dalam membeli suatu barang agar tidak menimbulkan perilaku konsumtif. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan menambah dengan menambahkan variabel-variabel lain agar tercipta hasil penelitian yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199002

Actions (login required)

View Item View Item