Engaruh dukungan sosial dan iklim sekolah terhadap subjective well being siswa smp x di kota malang / Sulistyowati Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Engaruh dukungan sosial dan iklim sekolah terhadap subjective well being siswa smp x di kota malang / Sulistyowati Wulandari

Wulandari, Sulistyowati Wulandari (2021) Engaruh dukungan sosial dan iklim sekolah terhadap subjective well being siswa smp x di kota malang / Sulistyowati Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dukungan sosial dan iklim sekolah terhadap subjective well-being siswa SMP X di Kota Malang secara parsial maupun bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP X di Kota Malang dengan jumlah sampel yang digunakan sebesar 209 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial skala iklim sekolah dan skala subjective well-being yang disusun oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan dua uji validitas diantaranya validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi penelitian dilakukan oleh dua ahli psikologi sebagai expert judgement yang merupakan dosen di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Sedangkan validitas konstruk dihitung menggunakan korelasi pearson product moment. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus cronbach alpha dengan nilai koefisien alpha yang diperoleh berada pada angka 0 9. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis linear berganda. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP X di Kota Malang (1) 67% memiliki dukungan sosial dengan klasifikasi sedang. (2) 70% memiliki iklim sekolah dengan tergolong positif. (3) 72% memiliki subjective well-being dengan klasifikasi sedang. (4) terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap subjective well-being secara parsial dengan p 0.000 p lt 0.05. (5) terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap subjective well-being secara parsial dengan p 0.000 p lt 0.05 dan (6) terdapat pengaruh dukungan sosial dan iklim sekolah terhadap subjective well-being secara bersama-sama dengan p 167.110 dan nilai p lt 0.05. Sumbangan efektif dukungan sosial terhadap subjective well-being sebesar 34.4% sedangkan sumbangan efektif iklim sekolah terhadap subjective well-being sebesar 27.4%. Sumbangan relatif dukungan sosial terhadap subjective well-being sebesar 55.5% dan sumbangan relatif iklim sekolah terhadap subjective well-being sebesar 44.2% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dukungan sosial terhadap subjective well-being dan ada pengaruh iklim sekolah terhadap subjective well-being serta dukungan sosial dan iklim sekolah terhadap subjective well-being secara bersama-sama. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah 1). Bagi siswa a). bagi siswa yang kurang mempunyai subjective well-being alangkah baiknya mencari hobi baru atau hal -hal yang menarik agar subjective well-being dalam diri terpenuhi b). siswa hendaknya lebih meningkatkan emosi yang positif agar lebih jauh dari kecemasan. 2). Bagi peneliti selanjutnya a). Subjek atau responden tidak hanya siswa disatu sekolah tersebut sehingga penelitian selanjutnya dapat diterapkan pada beberapa sekolah b). Menambah variabel independen selain dukungan sosial dan iklim sekolah yang berkaitan dengan subjective well-being mengingat masih banyak faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap subjective well-being c). Penelitian berfokus pada subjective well-being siswa SMP X. Sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat memilih secara umum baik subjective well-being pelaku korban atau by stender di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199000

Actions (login required)

View Item View Item