Perbedaan tingkat psychological well being pada guru ditinjau berdasarkan jenis kelamin / LARASATI PRAMARTIKA DEVI - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan tingkat psychological well being pada guru ditinjau berdasarkan jenis kelamin / LARASATI PRAMARTIKA DEVI

Devi, Larasati Pramartika Devi (2020) Perbedaan tingkat psychological well being pada guru ditinjau berdasarkan jenis kelamin / LARASATI PRAMARTIKA DEVI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Devi Larasati Pramartika. 2020. Perbedaan Tingkat Psychological Well Being Pada Guru Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin. Skripsi Jurusan Psikologi Faskultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nur Eva S.Psi M.Psi Kata kunci kesejahteraan psikologis guru jenis kelamin Guru diharapkan memiliki psychological well being yang tinggi dalam artian memiliki klasifikasi tinggi pada tiap aspek yang dimiliki oleh psychological well being. Hal tersebut berkaitan dengan segala aktivitas guru di sekolah seperti hubungan antarsesama rekan guru hubungan dengan siswa hubungan dengan orang tua siswa bahkan dengan dirinya sendiri sebagai individu yang berfungsi secara positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi terkait (1) perbedaan tingkat psychological well being pada guru perempuan dan laki-laki (2) tingkat psychological well being pada guru perempuan dan (3) tingkat psychological well being pada guru laki-laki. Skala adaptasi dari Ryff (1989) untuk pengambilan data penelitian ini terutama untuk mengukur psychological well being dengan subjek guru perempuan sebanyak 25 orang dan guru laki-laki sebanyak 16 orang sehingga totalnya adalah sebanyak 41 orang. Karakteristik yang dibutuhkan pada penelitian ini adalah (1) guru aktif SMA BSS Malang dan (2) mencakup guru perempuan dan laki-laki. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan penelitian komparatif. Penelitian ini memiliki nilai validitas berkisar antara 0.325-0.679 dan nilai uji reliabilitas sebesar 0.847. Uji beda dilakukan dengan Uji Independent Sample t-test dengan signifikansi 0.097 (sig lt 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan signifikan antara psychological well being pada guru apabila ditinjau berdasarkan jenis kelamin (2) guru perempuan cenderung memiliki klasifikasi kesejahteraan psikologis yang lebih tinggi yang ditunjukkan oleh hasil persentase dan (3) guru laki-laki memiliki kesejahteraan psikologis yang sama ditunjukkan oleh hasil persentase antara klasifikasi rendah dan klasifikasi tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198998

Actions (login required)

View Item View Item