Makna kepatuhan santri ndalem pesantren salaf Mamba’ul Hikam Kabupaten Blitar / Hidayatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna kepatuhan santri ndalem pesantren salaf Mamba’ul Hikam Kabupaten Blitar / Hidayatul Maghfiroh

Maghfiroh, Hidayatul (2021) Makna kepatuhan santri ndalem pesantren salaf Mamba’ul Hikam Kabupaten Blitar / Hidayatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepatuhan adalah suatu bentuk pengaruh sosial berupa kehadiran permintaan maupun perintah yang menimbulkan adanya perubahan perilaku pada individu. Santri ndalem adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan di suatu pondok pesantren dan mengabdikan dirinya untuk membantu Kyai dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Pesantren salaf adalah pesantren yang masih melestarikan nilai nilai pengajaran tradisional dan menekankan pada pengajaran kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam dan memberikan gambaran kepatuhan yang dilakukan oleh santri ndalem pada pesantren salaf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara mendalam dan observasi kualitatif. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan simpulan data atau verifikasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah empat orang santri ndalem yang sedang menempuh pendidikan di pesantren salaf. Kriteria yang digunakan sebagai pertimbangan peneliti untuk mendapatkan partisipan adalah individu yang sedang menempuh pendidikan di pondok pesantren salaf sekaligus mengabdikan dirinya menjadi santri ndalem. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa keempat partisipan melakukan kepatuhan kepada figur otoritas dalam lingkup pesantren yaitu Kyai. Perilaku tersebut didasari oleh pengetahuan dan kesadaran individu terhadap otoritas dengan kedalaman ilmu derajat keimanan dan nasab yang lebih tinggi serta posisi antara keduanya. Kemudian membentuk kepercayaan individu dan mendorong kerelaannya untuk mengabdikan diri kepada otoritas. Ketika melakukan menerima perintah dari otoritas dan melakukan kepatuhan santri ndalem merasa senang dan perasaan ini berkembang dan berbanding lurus dengan perasaan yang ditunjukkan oleh otoritas. Hal ini menunjukkan adanya ikatan emosional yang erat antara Kyai dan santri ndalem. Selain itu kepatuhan berdampak pada perubahan perilaku individu melalui diperolehnya pelajaran dan teladan yang diberikan otoritas secara langsung maupun tidak langsung terutama di lingkungan ndalem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198997

Actions (login required)

View Item View Item