Hubungan antara motivasi belajar dan student engagement pada siswa kelas x sma negeri 3 lumajang / Afnan Hari Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi belajar dan student engagement pada siswa kelas x sma negeri 3 lumajang / Afnan Hari Pratama

Pratama, Afnan Hari Pratama (2021) Hubungan antara motivasi belajar dan student engagement pada siswa kelas x sma negeri 3 lumajang / Afnan Hari Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan student engagement pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Lumajang dengan menggunakan skala motivasi belajar dan skala student engagement. Total subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 350 orang siswa kelas X SMA Negeri 3 Lumajang yang kemudian dipilih sebanyak 102 orang siswa untuk menjadi responden penelitian. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode try-out terpakai atau uji coba instrumen penelitian ketika penelitian aktual. Penlitian ini menggunakan uji validitas dengan teknik Pearson product moment dan uji reliabilitas dengan teknik alpha Cronbach. Hasil pengujian validitas pada skala motivasi belajar menunjukkan koefisien validitas terendah sebesar 0 049 dan validitas tertinggi sebesar 0 649 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 892. Sedangkan hasil pengujian validitas pada skala student engagement menunjukkan koefisien validitas terendah sebesar 0 160 dan validitas tertinggi sebesar 0 667 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 882. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi antara motivasi belajar dengan student engagement sebesar 0 687 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Hubungan tersebut termasuk dalam kategori kuat dan arahnya positif. artinya semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi pula student engagement begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198993

Actions (login required)

View Item View Item