Pengaruh rasa syukur terhadap kesejahteraan psikologis pada Remaja / Nur Sekarsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh rasa syukur terhadap kesejahteraan psikologis pada Remaja / Nur Sekarsari

Sekarsari, Nur (2021) Pengaruh rasa syukur terhadap kesejahteraan psikologis pada Remaja / Nur Sekarsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rasa syukur merupakan salah satu pendorong yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja sehingga remaja khususnya remaja panti asuhan nantinya dapat mencapai kesejahteraan yang optimal. Rasa syukur juga berperan sebagai pendukung yang sangat penting pada remaja panti asuhan karena dengan bersyukur akan dapat meningkatkan suatu kepuasan hidup kesejahteraan fungsi sosial serta persepsi dukungan sosial. Apabila remaja panti asuhan menerima apa yang diberikan di saat ini akan menimbulkan suatu rasa kebahagiaan pada diri sendiri karena generasi muda atau para remaja yang memiliki rasa syukur yang tinggi akan memiliki kepuasan hidup yang tinggi integrasi sosial yang baik dan tingkat depresi cenderung rendah sehingga dapat mengindikasi bahwa rasa syukur dapat berpengaruh pada dimensi kualitas hidup individu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan variabel bebas (rasa syukur) dan variabel terikat (kesejahteraan psikologis). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan alat ukur psikologis berupa skala dengan teknik sampling menggunakan teknik random sampling. Sampel berjumlah 71 responden remaja panti asuhan di Kota Malang dengan rentang usia 17-21 tahun. Dalam pengujian data menggunakan uji validitas uji reliabilitas uji asumsi dan uji hipotesis (uji t dan uji f) menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan pengolahan data menggunakan program IBM SPSS Statistics 25 diperoleh hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan Y 65.458 0.203X dan uji t hitung (2.155) gt t tabel (1.993) dengan koefisien determinasi R2 sebanyak 0.063. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh rasa syukur terhadap kesejahteraan psikologis remaja sebesar 6.3% dan 93.7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kesejahteraan psikologis remaja meningkat setelah remaja memiliki rasa syukur. Maka rasa syukur mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan psikologis remaja panti asuhan. Sehingga diharapkan remaja meningkatkan penanaman rasa syukur secara berkala agar remaja memiliki kesejahteraan dalam hidup serta kehidupan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198991

Actions (login required)

View Item View Item