Pengaruh self-regulated learning terhadap psychological well-being pada siswa sma advent purwodadi / Rona Zorayalita Continentia Gultom - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self-regulated learning terhadap psychological well-being pada siswa sma advent purwodadi / Rona Zorayalita Continentia Gultom

Gultom, Rona Zorayalita Continentia Gultom (2021) Pengaruh self-regulated learning terhadap psychological well-being pada siswa sma advent purwodadi / Rona Zorayalita Continentia Gultom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap Psychological Well-being (Kesejahteraan Psikologis) pada SMA Advent Purwodadi selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Studi ini penting dilakukan mengingat pengadaan pembelajaran jarak jauh berbasis daring masih jarang diberlakukan institusi pendidikan terutama pada sekolah non-internasional di Indonesia dan baru dicoba diterapkan karena adanya pandemik Covid-19. SMA Advent Purwodadi sendiri belum lama dalam beradaptasi menggunakan sistem pembelajaran daring sehingga penelitian mengenai Online Self-Regulated Learning merupakan hal yang baru. Adanya penelitian ini dapat menunjukkan apakah SRL yang mereka miliki dapat memengaruhi Psychological Well-being mereka di mana Psychological Well-being sendiri merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan psikologis pelajar. Penelitian ini memakai Self-Regulated Learning (SRL) sebagai variabel independennya dan Psychological Well-being (Kesejahteraan Psikologis) sebagai variabel dependennya. Sampel dari penelitian ialah siswa-siswi yang bersekolah di SMA Advent Purwodadi. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan pengumpulan data didapatkan dengan cara menyebarkan sebanyak 70 kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner Online Self-Regulated Learning Questionnaire (OSLQ) dan Psychological Well-being Scale. Metode statistik menggunakan uji normalitas uji linearitas uji regresi linear sederhana dan uji simultan. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan jika penerapan Self-Regulated Learning pada siswa semakin tinggi maka semakin tinggi pula tingkat Psychological Well-being yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198990

Actions (login required)

View Item View Item