Pengembangan media pembelajaran iryan (interactive history application) berbasis adobe premiere pro pada materi pertempuran 10 november 1945 di surabaya untuk siswa kelas xi sma negeri 4 bojonegoro / Nanda Eva Yusvitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran iryan (interactive history application) berbasis adobe premiere pro pada materi pertempuran 10 november 1945 di surabaya untuk siswa kelas xi sma negeri 4 bojonegoro / Nanda Eva Yusvitasari

Yusvitasari, Nanda Eva Yusvitasari (2021) Pengembangan media pembelajaran iryan (interactive history application) berbasis adobe premiere pro pada materi pertempuran 10 november 1945 di surabaya untuk siswa kelas xi sma negeri 4 bojonegoro / Nanda Eva Yusvitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yusvitasari Nanda Eva. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran IryAn (Interactive History Application) Berbasis Adobe Premiere Pro pada Materi Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bojonegoro. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum (II) Ulfatun Nafi rsquo ah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran pertempuran 10 November 1945 Surabaya SMAN 4 Bojonegoro Kegiatan pembelajaran sejarah pada masa Revolusi Industri 4.0 merupakan era digital dimana proses pembelajaran dapat memanfaatkan perkembangan IT. Pemanfaatan teknologi pada pembelajaran sejarah diimbangi dengan berbagai bentuk inovasi pembelajaran Berdasarkan hasil observasi dan wawancara proses pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 4 Bojonegoro dilakukan secara daring dan luring namun guru belum memanfaatankan kreativitas dan inovasi pada media pembelajaran sehingga kurang menarik keaktifan siswa untuk belajar utamanya bagi peserta didik kelas XI IPS 2. Kurangnya media pendukung dalam pembelajaran sejarah karena dalam pemanfaatan media guru sudah menggunakan powerpoint tetapi belum bervariatif selebihnya guru lebih banyak menggunakan metode ceramah saat menyampaikan materi di kelas. Selain itu guru sejarah di kelas XI IPS 2 bukanlah lulusan dari jurusan sejarah melainkan dari jurusan ekonomi. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya pengetahuan materi pada guru yang akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan pengetahuan peserta didik. Di sisi lain peserta didik diperbolehkan membawa smartphone di sekolah. Kondisi tersebut didukung dengan fasilitas sekolah yang dilengkapi jaringan Wi-Fi dan bantuan kuota pada masa pandemi Covid-19. Hal ini memberikan peluang untuk memanfaatkan pembelajaran berbasis smartphone. Fasilitas ini dapat digunakan untuk mengatasi kebosanan dan menarik keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah. Media pembelajaran IryAn (Interactive History Application) menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah. Melalui berbagai menu pilihan dan ditambah dengan adanya video animasi yang menjadikan siswa lebih interaktif dalam proses belajar. Materi pada media pembelajaran IryAn dkemas menjadi lebih jelas lengkap dan menarik. sehingga memudahkan peserta didik sebagai pengguna untuk belajar tentang peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan dan menguji kelayakan sebuah media pembelajaran IryAn (Interactive History Application) berbasis Adobe Premiere Pro pada materi pertempuran 10 November 1945 di Surabaya untuk siswa kelas XI SMA Negeri 4 Bojonegoro. Selain itu media ini digunakan untuk menarik keaktifan belajar peserta didik pada matapelajaran Sejarah Indonesia utamanya materi pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode ADDIE meliputi (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Dalam kelima langkah tersebut tercantum langkah validasi materi dan media kepada para ahli sebelum produk diuji cobakan ke lapangan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis data yang digunakan menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitiatif. Uji coba kelompok kecil dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Bojonegoro secara daring melalui grup WhatsApp tanggal 19 April 2021 dengan jumlah responden 10 peserta didik. Sedangkan untuk uji coba kelompok besar dilakukan pada tanggal 20 April 2021 juga dilakukan secara daring melalui grup WhatsApp dengan jumlah responden 26 peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Media IryAn (Interactive History Application) berbasis adobe premiere pro sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dan media termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai persentase dari validasi materi sebesar 98% sedangkan persentase dari validasi media sebesar 100%. Pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada sepuluh orang peserta didik mendapatkan presentase 91% sangat layak dan uji coba pada kelompok besar dengan presentase 92% kategori sangat layak. Dari kedua uji coba menunjuukan bahwa media pembelajaran merupakan media yang efektif sehingga mampu menarik keaktifan belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Media ini disajikan menggunakan perangkat smartphone android sehingga memudahkan para penggunanya untuk belajar dimana saja dan kapan saja. Melalui berbagai menu pilihan dan ditambah dengan adanya video animasi yang menjadikan siswa lebih interaktif dalam proses belajar. Selain itu aplikasi ini dapat diakses secara online maupun offline walaupun tanpa jaringan internet atau kuota media ini masih bisa digunakan. Hal ini berkaitan dengan kepraktisan waktu dan tempat penggunan. Dalam penggunaannya peserta didik dapat menggunakan video secara berulang-ulang. Media pembelajaran IryAn memudahkan peserta didik sebagai pengguna untuk belajar tentang peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198907

Actions (login required)

View Item View Item