Pengembangan bahan ajar interaktif flip pdf professional tentang perlawanan tentara PETA untuk pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Srengat Blitar / Binti Khoiru Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar interaktif flip pdf professional tentang perlawanan tentara PETA untuk pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Srengat Blitar / Binti Khoiru Nikmah

Nikmah, Binti Khoiru (2021) Pengembangan bahan ajar interaktif flip pdf professional tentang perlawanan tentara PETA untuk pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Srengat Blitar / Binti Khoiru Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan sumber belajar tentang sejarah lokal di SMA Negeri 1 Srengat masih belum ada. Dari 60 peserta didik menyatakan tidak tahu tentang adanya sumber sejarah lokal di sekolahnya. Kemudian berdasarkan wawancara dari guru mata pelajaran sejarah memang jarang membahas mengenai sejarah lokal dan juga belum pernah mengajak peserta didik untuk pergi ke tempat bersejarah di Blitar karena keterbatasan waktu dan akomodasi. Minimnya sumber sejarah lokal dan informasi dapat menyebabkan peserta didik kurang memahami sejarah yang ada di sekitarnya. Jadi guna mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan pengembangan bahan ajar yang membahas tentang sejarah lokal di Blitar yaitu berkaitan dengan perlawanan tentara PETA Blitar yang disajikan dalam bentuk bahan ajar interaktif dengan aplikasi Flip PDF Professional dan dapat dioperasikan melalui laptop secara offline atau android secara online. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk bahan ajar interaktif tentang perlawanan tentara PETA di Blitar dengan aplikasi Flip PDF Professional dan untuk mengetahui kepraktisan serta keefektifan bahan ajar. Kemudian diujikan pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Srengat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Adapun model penelitian yang digunakan mengacu pada Sugiyono. Berikut merupakan 10 tahapan penelitian berdasarkan model penelitian Sugiyono dan penyesuaian pada kemampuan peneliti yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain produk (5) revisi desain produk (6) uji coba kelompok kecil (7) revisi produk (8) uji coba kelompok besar (9) revisi produk (10) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif Flip PDF Professional tentang perlawanan tentara PETA di Blitar memperoleh persentase nilai dari ahli materi sebesar 80% dengan kriteria sangat valid kemudian mendapat 93 3% dari ahli media dengan kriteria sangat valid dan pada uji coba kelompok kecil mendapat persentase 89 4% yang artinya produk sangat praktis atau sangat layak untuk digunakan. Kemudian pada uji pemakaian kelompok besar peneliti memberikan soal pre test dan post test untuk menguji efektivitas bahan ajar. Efektivitas produk dapat dicapai apabila nilai rata-rata post test peserta didik dibagi dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 75 memperoleh hasil lebih dari atau sama dengan 1. Nilai rata-rata post test kelas XII IPS 4 adalah 91 5 dan XII IPS 5 adalah 92 1. Apabila dibagi 75 maka hasilnya 1 22 dan 1 23. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar Flip PDF Professional dinilai efektif dan memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi perlawanan tentara PETA di Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198881

Actions (login required)

View Item View Item