Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (tgt) pada mata pelajaran sejarah indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sman 1 dolopo madiun / Shaffa Renata Andan Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (tgt) pada mata pelajaran sejarah indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sman 1 dolopo madiun / Shaffa Renata Andan Putri

Putri, Shaffa Renata Andan Putri (2021) Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (tgt) pada mata pelajaran sejarah indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sman 1 dolopo madiun / Shaffa Renata Andan Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran TGT atau Teams Games Tournament termasuk ke dalam salah satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini terdiri dari beberapa tim dengan masing-masing tim terdiri dari beberapa siswa. Model pembelajaran TGT atau Teams Games Tournament memberikan kesempatan bagi siswa berinteraksi lebih banyak karena model pembelajaran kooperatif ini termasuk ke dalam pola pendekatan student centered learning. Dari lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi tersebut mampu menstimulasi kemampuan berpikirnya menjadi lebih kritis dalam menemukan dan memecahkan masalah pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa melalui pelaksanaan model pembelajaran TGT atau Teams Games Tournament yang akan dilaksanakan pada mata pelajaran sejarah Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Dolopo Madiun pada kelas XI IPS 3. Penelitian ini memiliki rancangan yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-experimental berdesain one group pretest-posttest. Instrumen penilaian dari penelitian ini yaitu dari nilai pretest dan posttest dengan 6 aspek penilaian yang termuat dalam setiap butir soal yaitu fokus alasan kesimpulan situasi kejelasan dan tinjauan ulang. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan SPSS 25 for windows. Uji hipotesis yang digunakan adalah dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran sejarah Indonesia setelah pelaksanaan dengan model pembelajaran TGT atau Teams Games Tournament. Analisis data menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pretest sebesar 39 69 menjadi 73 75 pada rata-rata nilai posttest. Dari uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan hasil taraf signifikansi sebesar 0 00 lt nilai sig 0 05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198824

Actions (login required)

View Item View Item