Pengembangan media pembelajaran sejarah e-bo (e-brosur ) berbasis koleksi museum mpu purwa untuk siswa kelas x aph 1 smkn 1 batu / Yuli Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah e-bo (e-brosur ) berbasis koleksi museum mpu purwa untuk siswa kelas x aph 1 smkn 1 batu / Yuli Fitriani

Fitriani, Yuli Fitriani (2021) Pengembangan media pembelajaran sejarah e-bo (e-brosur ) berbasis koleksi museum mpu purwa untuk siswa kelas x aph 1 smkn 1 batu / Yuli Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMKN 1 Batu guru belum memanfaatkan media pembelajaran secara optimal pada proses pembelajaran sejarah. pada pembelajaran online guru hanya mengirim rangkuman materi melalui group whatsaap tanpa adanya respon dari siswa. Pada materi peninggalan Hindu- memerlukan strategi dengan media tertentu agar pembelajaran dapat optimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru adalah dengan cara belajar langsung ke tempat situs-situs peninggalan Hindu-Budha atau biasa disebut dengan model karyawisata sehingga siswa bisa belajar langsung dengan benda yang sesungguhnya. Hal tersebut sesuai dengan karakteristik siswa SMKN I Batu yang lebih menyukai pembelajaran praktek daripada teori. dikarenakan alokasi waktu tenaga dan dana yang kurang selain itu dimasa pandemi covid-19 proses pembelajaran hanya dilakukan secara daring dari rumah sehingga tidak memungkinkan dilakukan model pembelajaran karyawisata. Dengan mendatangkan benda benda peninggalan Hindu-Budha melalui media pembelajaran yang dapat diakses melalui smartphone merupakan inovasi media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran sejarah E-BO (E-Brosur) berbasis koleksi Museum Mpu Purwa. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas X APH 1 SMKN 1 Batu. Media pembelajaran E-BO (E-Brosur) merupakan brosur yang dikemas dalam bentuk aplikasi yang didalamnya memuat benda-benda peninggalan Hindu-Budha koleksi Museum Mpu Purwa. Aplikasi ini dapat di unduh siswa melalui link Google Drive yang dibagikan melalui whatsaap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model penelitian ADDIE memiliki lima tahapan penelitian yaitu analysis Design Development Implementation Evaluation. Dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan validasi ahli materi dan ahli validasi media. Efektivitas produk dapat diketahui melalui kegiatan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran sejarah E-BO (E-Brosur) berbasis koleksi Museum Mpu Purwa ini valid untuk digunakan. Dibuktikan dengan hasil validasi materi mendapatkan presentase sebesar 96 42% dan dari ahli media sebesar 96 42%. Hasil uji coba produk terhadap kelompok kecil pada 10 peserta didik menghasilkan presentase sebesar 91 5% dan uji coba kelompok besar terhadap 36 peserta didik menghasilkan presentase sebesar 95 06%. Sehingga bisa dikatakan produk ini dalam kategori sangat valid dan sangat efektif serta layak digunakan dalam pembelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198820

Actions (login required)

View Item View Item