Pengaruh pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gurah Kediri / Putri Permata Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gurah Kediri / Putri Permata Dewi

Dewi, Putri Permata (2021) Pengaruh pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gurah Kediri / Putri Permata Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif peserta didik. Pembelajaran Berbasis Proyek menggunakan permasalahan sebagai langkah awal yang kemudian dianalisis solusinya. Solusi tersebut diwujudkan dalam proyek dengan hasil akhir berupa produk. Dalam pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis sebab dalam tiap tahapnya yang serupa dengan indikator berpikir kritis peserta didik dituntut untuk aktif. Dengan demikian penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek secara tidak langsung dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gurah Kediri. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 71 peserta didik dengan rincian yaitu XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan jumlah 36 peserta didik. Kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah 35 peserta didik. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample Test dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gurah Kediri. Pembelajaran Berbasis Proyek memberikan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dengan nilai gain score kelas eksperimen sebesar 14 8 dibandingkan nilai gain score kelas kontrol sebesar 6 9. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0 000 dimana nilai tersebut lt 0 05 taraf signifikansi. Dengan demikian disimpulkan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gurah Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198818

Actions (login required)

View Item View Item