Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 e terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas xi IPS SMAN 1 Sutojayan Kab. Blitar / Binti Robita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 e terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas xi IPS SMAN 1 Sutojayan Kab. Blitar / Binti Robita

Robita, Binti (2021) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5 e terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas xi IPS SMAN 1 Sutojayan Kab. Blitar / Binti Robita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi dengan metode posttest only control group design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Subjek yang dijadikan sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 SMAN 1 Sutojayan dengan total 72 peserta didik. Peserta didik kelas XI IPS 1 dijadikan sebagai kelompok kelas kontrol sedangkan kelas XI IPS 3 sebagai kelompok kelas eksperimen. Kelompok kelas eksperimen diberikan perlakuan model Learning Cycle 5E berbasis kombinasi (daring dan luring) melalui bantuan google classroom. Kelompok kelas kontrol diberikan perlakuan konvnsional yaitu penugasan melalui bantuan whatsapp (daring) dan penjelasan di kelas (luring). Analisis mengenai ada atau tidaknya pengaruh perlakuan yang digunakan yakni model Learning Cycle 5E dilakukan menggunakan uji F-Test melalui aplikasi SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig (2-tailed) pada uji F-Test adalah 0 024 atau lt 0 05. Rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kreatif menunjukkan perbedaan yaitu lebih tinggi pada kelas eksperimen dengan nilai sebesar 80 sedangkan pada kelas kontrol adalah 78. Berdasarkan hasil tersebut membuktikan bahwa adanya pengaruh yang disebabkan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Melalui hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan untuk guru yaitu dapat menggunakan Learning Cycle 5E dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif serta bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian sejenis dalam pengukuran kemampuan berpikir kreatif dengan variabel bebas atau model pembelajaran yang berbeda. Dalam satu soal kreatif harus mencakup semua indikator serta soal gaya belajar disesuaikan dengan keilmuan geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198817

Actions (login required)

View Item View Item