Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berplatform Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA N 1 Ponggok / Indra Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berplatform Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA N 1 Ponggok / Indra Fitriani

Fitriani, Indra (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berplatform Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA N 1 Ponggok / Indra Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani Indra. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berplatform Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMAN 1 Ponggok. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M. Si (II) Prof.Dr. Budijanto M.Sos Kata Kunci Problem Based Learning Schoology Berpikir Analitis. Kemampuan berpikir analitis merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pada dasarnya untuk menggembangkan kemampuan berpikir analitis diperlukan model pembelajaran yang kontekstual. Model problem based learning dipilih karena dapat melatih mengembangkan kemampuan berpikir analitis selain itu adanya kesesuaian dengan kurikulum 2013. Adapun untuk menunjang karakteristik model problem based learning dapat menggunakan teknologi platform schoology dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengaruh model problem based learning (PBL) berplatform schoology terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMAN 1 Ponggok Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan desain posttets only control group design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas kontrol XI IPS 4 dan kelas eksperimen XI IPS 5 SMAN 1 Ponggok. Kedua kelas dipilih dikarenakan memiliki nilai rata-rata yang hampir sama. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berplatform schoology sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi 78 00 dari kelas kontrol 72 25. Hasil dari perhitungan dengan menggunakan uji-t mendapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0 003 le 0 05 dengan kata lain hipotesis nol (H0) ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMAN 1 Ponggok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/198816

Actions (login required)

View Item View Item